PENGARUH PENERAPAN AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN DAN KINERJA EKONOMI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Hadinata, Felicia (2018) PENGARUH PENERAPAN AKUNTANSI MANAJEMEN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA LINGKUNGAN DAN KINERJA EKONOMI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA21073.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan terhadap kinerja lingkungan dan kinerja ekonomi perusahaan manufaktur di Provinsi Jawa Tengah. Konsep penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan didasarkan pada proposed comprehensive framework of environmental management accounting yang diacu oleh Jalaludin et al (2010: 37) yang terdiri dari Monetary Environmental Management Accounting dan Physical Environmental Management Accounting. Variabel kinerja lingkungan menggunakan 2 dimensi yang dikembangkan oleh Jalaludin et al (2010: 38), yaitu reduction of negative environmental impacts dan reduction in use of nonrenewable resources, sedangkan variabel kinerja ekonomi menggunakan 5 dimensi yang dikembangkan oleh Jalaludin et al (2010: 39), yaitu internal stakeholders’ satisfaction, business benefits, future benefits, security, dan reputation. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Dari 71 kuesioner set 1 dan 71 kuesioner set 2 yang disebar, sebanyak 23 kuesioner set 1 dan 23 kuesioner set 2 layak digunakan untuk analisis data. Model pengujian dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja lingkungan dan kinerja ekonomi perusahaan manufaktur di Provinsi Jawa Tengah. Hal ini ditunjukkan dengan diterimanya Ha1 sehingga MEMA berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja lingkungan, diterimanya Ha2 sehingga MEMA berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja ekonomi, diterimanya Ha3 sehingga PEMA berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja lingkungan, dan diterimanya Ha4 sehingga PEMA berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja ekonomi. Signifikan berarti tidak dapat diabaikan, sedangkan positif berarti perubahan kinerja lingkungan dan kinerja ekonomi searah dengan perubahan penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan. Jika penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan ditingkatkan, maka kinerja lingkungan dan kinerja ekonomi akan meningkat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Penerapan Akuntansi Manajemen Lingkungan, kinerja lingkungan, kinerja ekonomi, perusahaan manufaktur.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 21 Feb 2019 03:38
Last Modified: 21 Feb 2019 03:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16905

Actions (login required)

View Item View Item