EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP FASILITAS BANDAR UDARA DOUW ATURURE, NABIRE, PAPUA

OCTAVIANI, NADYA CHRISTINE (2018) EVALUASI TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP FASILITAS BANDAR UDARA DOUW ATURURE, NABIRE, PAPUA. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TS154400.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS154401.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TS154402.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TS154403.pdf

Download (514kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TS154404.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (BAB V)
TS154405.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TS154406.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan bandar udara dalam memenuhi kebutuhan penumpang akan jasa transportasi maka Bandar Udara Douw Aturure, Nabire harus memberikan pelayanan yang baik dengan melakukan perbaikan dan pengoptimalan akan fasilitas yang ada pada terminal jalur keberangkatan dan jalur kedatangan. Penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada 235 responden yaitu pengguna fasilitas Bandar Udara Douw Aturure. Kemudian dilakukan uji validitas, reliabilitas, Importance Performance Analysis (IPA) dengan menggunakan software SPSS 22 dan microsoft excel. Perhitungan persyaratan teknis fasilitas sisi darat bandar udara dihitung berdasarkan standar teknik Direktorat Jendral Perhubungan Udara SKEP/77/IV/2005. Dari hasil analisis dan pembahasan, menunjukan bahwa penumpang sudah cukup puas dengan fasilitas pada jalur kedatangan dan keberangkatan Bandar Udara Douw Aturure. Berdasarkan perhitungan strandar teknis pengoperasian fasilitas sisi darat sesuai dengan ketentuan Direktorat Jendral Perhubungan Udara SKEP/77/IV/2005, beberapa fasilitas sudah memenuhi syarat yaitu ruang tunggu keberangkatan,tempat duduk, fasilitas umum/toilet yang berada di ruang tunggu keberangkatan, baggage conveyor belt dan rambu. Namun, ada juga fasilitas yang belum sesuai syarat yaitu hall keberangkatan, baggage claim area, hall kedatangan, fasilitas umum/toilet yang ada di ruang kedatangan, dan kerb untuk jalur kedatangan dan keberangkatan. Beberapa faktor yang perlu dibenahi oleh pihak pengelola bandar udara untuk meningkatkan kepuasan penumpang akan fasilitas yang diberikan adalah penambahan kelengkapan fasilitas toilet seperti sabun, tissue, dan lain-lain, kebersihan toilet, fasilitas untuk kaum difabel/cacat, fasilitas nursery room dan ruang menyusui, ruang merokok, ruang bermain anak-anak, jumlah tempat duduk, manajer waktu dalam penurunan bagasi dari pesawat sampai ke tangan penumpang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Tingkat pelayanan, fasilitas jalur keberangkatan dan kedatangan
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 21 Feb 2019 04:00
Last Modified: 21 Feb 2019 04:00
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16914

Actions (login required)

View Item View Item