EFEKTIVITAS PESAN IKLAN ENDORSEMENT HP SPECTRE X360 PADA AKUN INSTAGRAM ILUSTRATOR ANDIKA NUGRAHA BERDASARKAN PERHITUNGAN CUSTOMER RESPONSE INDEX DENGAN KONSEP AISAS

PUSPITASARI, ANGELINA DIANA (2018) EFEKTIVITAS PESAN IKLAN ENDORSEMENT HP SPECTRE X360 PADA AKUN INSTAGRAM ILUSTRATOR ANDIKA NUGRAHA BERDASARKAN PERHITUNGAN CUSTOMER RESPONSE INDEX DENGAN KONSEP AISAS. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text
KOM04871.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu bentuk komunikasi pemasaran melalui media sosial yaitu iklan endorsement pada media sosial Instagram. Hewlett- Packard (HP) memilih menggunakan iklan endorsement Instagram dengan menjadikan ilustrator Indonesia, Andika Nugraha sebagai endorser untuk memperkenalkan produk HP Spectre x360. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas pesan iklan endorsement produk HP Spectre x360 pada akun Instagram Andika Nugraha. Efektivitas diukur menggunakan perhitungan Costumer Response Index (CRI) dengan mengimplementasikan konsep AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian survei. Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 orang follower akun Instagram Andika Nugraha. Berdasarkan perhitungan CRI, didapatkan nilai sebagai berikut: CRI AISAS sebesar 0%, CRI AIAS sebesar 0%, CRI AISS sebesar 10%, dan CRI AIS sebesar 15%. Dua dari empat kemungkinan model AISAS yang memiliki nilai CRI, yaitu model AISS dan AIS. Kedua nilai CRI tersebut termasuk nilai yang rendah. Penyebab rendahnya nilai CRI adalah low attention dan low interest. Pesan iklan endorsement HP Spectre X360 efektif untuk mencapai tujuan komunikasi pemasaran yaitu meraih brand exposure dan mengarahkan pada suatu situs. Hal ini dapat dijelaskan dari nilai persentase no search sebesar 8% yang bernilai lebih rendah daripada nilai CRI model AISS sebesar 10% di mana menunjukkan konsumen mengarah pada situs untuk mencari informasi. Kemudian nilai persentase attention sebesar 53% yang memperlihatkan bahwa 53% konsumen benar-benar melihat pesan iklan HP Spectre x360 setelah mendapatkan terpaan pesan iklan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Efektivitas, Endorsement, CRI, AISAS
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 21 Feb 2019 04:57
Last Modified: 21 Feb 2019 04:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16929

Actions (login required)

View Item View Item