PROSES REBRANDING COFFEE ROAD MENJADI KOLING

Jiwa, Eligi Gala Duta (2018) PROSES REBRANDING COFFEE ROAD MENJADI KOLING. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04885.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Meningkatnya permintaan akan kopi, terutama di Yogyakarta memancing munculnya berbagai coffee shop. Hal tersebut ditandai dengan menjamurnya coffee shop di Yogyakarta. Kini coffee shop sudah mengalami pergeseran makna. Orang pergi ke coffee shop tidak hanya untuk mencicipi kopi khas coffee shop itu sendiri, melainkan untuk nongkrong dan bersantai dengan kelompoknya (Herlyana, 2014). Coffee shop yang terletak di Yogyakarta bernama Koling merupakan hasil rebranding dari Coffee Road. Sebuah brand juga membutuhkan perubahan dengan tujuan untuk memberikan kualitas terbaik bagi konsumen. Salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah rebranding. Rebranding dapat menjadi salah satu usaha dalam menjaga dan meremajakan sebuah brand. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses rebranding yang dilakukan Coffee Road menjadi Koling. Branding merupakan hal yang penting dalam persaingan karena dapat menjadi pembeda dan identitas ditengah banyaknya brand yang bermunculan. Rebranding dapat terjadi dalam satu tingkat hirarki atau beberapa tingkat dan atau terjadi disemua tingkat. Pada sebuah organisasi dapat terjadi rebranding pada tiga tingkat berbeda yaitu tingkat perusahaan (corporate rebranding), unit bisnis (business unit rebranding) dan tingkat produk (product rebranding) (Muzellec & Lambkin, 2006). Hasil penelitian ini adalah rebranding yang dilakukan Coffee Road dapat terbilang sebagai sebuah corporate rebranding. Hal ini terbukti pada perubahan nama berupa Coffee Road menjadi Koling, logo dan atribut lainnya. Perubahan ini juga dapat digolongkan menjadi tipe rebranding minor changes, yaitu perubahan fokus pada tampilan estetika sebuah brand. Proses rebranding Coffee Road terjadi dengan tahapan yang sederhana dan waktu yang singkat. Tahapan tersebut adalah meliputi (1) Keinginan pemilik Coffee Road meresmikan mereknya. (2) Melakukan perubahan pada nama dan logo serta atribut lainnya. (3) Melakukan evaluasi dengan melihat feedback yang diberikan oleh masyarakat. Proses Rebranding yang dilakukan Coffee Road menjadi strategi dalam meningkatkan aktivitas komunikasi pemasaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Coffee Shop, Rebranding, Corporate Rebranding, Coffee Road, Koling
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 22 Feb 2019 01:31
Last Modified: 22 Feb 2019 01:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16940

Actions (login required)

View Item View Item