PENGARUH GOOD CORORATE GOVERNANCE TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2016

Pratiwi, Maria Ekayanti Surya (2018) PENGARUH GOOD CORORATE GOVERNANCE TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2016. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA21278.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Good Corporate Governance (GCG) terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dalam Penelitian ini diperoleh 143 sampel dari 51 perusahaan manufaktur yang membagikan dividen tunai di bursa efek pada tahun 2014-2016. Analisis regresi berganda merupakan model analisis yang digunakan untuk menguji Good Corporate Governance (GCG) terhadap kebijakan dividen dengan variabel kontrol Return on Aset dan Size. Berdasarkan hasil pengujian statistik, GCG yang diproksikan dengan komisaris independen tidak memiliki pengaruh terhadap kebijakan dividen yang diproksikan dengan dividend payout ratio, sedangkan ukuran komite audit berpengaruh signifikan negatif terhadap kebijakan dividen. Selain itu, kepemilikan institusional tidak memiliki pengaruh terhadap kebijakan dividen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance, kebijakan dividen, dividend payout ratio, komisaris independen, komite audit, kepemilikan institusional.
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Feb 2019 01:50
Last Modified: 22 Feb 2019 01:50
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16953

Actions (login required)

View Item View Item