PENGARUH SKEPTISISME PROFESIONAL, INDEPENDENSI, DAN KOMPETENSI TERHADAP KEMAMPUAN AUDITOR MENDETEKSI KECURANGAN DI KAP JAKARTA DAN SEMARANG

Saraswati, Kartika Shafira (2018) PENGARUH SKEPTISISME PROFESIONAL, INDEPENDENSI, DAN KOMPETENSI TERHADAP KEMAMPUAN AUDITOR MENDETEKSI KECURANGAN DI KAP JAKARTA DAN SEMARANG. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20718.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Ikatan Akuntan Indonesia (2001) menyatakan bahwa ada dua tipe salah saji yang relevan dengan pertimbangan auditor tentang kecurangan dalam audit atas laporan keuangan, yaitu salah saji yang timbul sebagai akibat dari kecurangan (fraud) dalam laporan keuangan dan kecurangan (fraud) yang timbul dari perlakuan tidak semestinya terhadap aktiva. Dua kategori yang utama mengenai kecurangan adalah salah saji timbul dari penyalahgunaan aset dan salah saji transaksi penipuan pelaporan keuangan (Johnstone et al, 2014). Menurut ISA No. 240, kecurangan (fraud) dapat dilakukan oleh pegawai dalam mengumpulkan atau memproses data untuk membuat laporan keuangan. Kecurangan (fraud) ini meliputi kecurangan pisah batas (cut off) pada akhir periode. Sedangkan kekeliruan bisa dalam salah mengitung, mengabaikan dalam penafsiran fakta tertentu, menggunakan asumsi yang salah, atau mengandung bias jika estimasi entitas berada di luar batas entitas (Tuanakotta, 2014). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh skeptisisme profesional, independensi dan kompetensi terhadap kemampuan auditor mendeteksi kecurangan. Penelitian ini dilakukan pada auditor yang berkerja Kantor Akuntan Publik (KAP) di Jakarta dan Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skeptisisme profesional, independensi dan kompetensi berpengaruh positif terhadap kemampuan auditor dalam mendeteksi kecurangan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Skeptisisme profesional, Independensi, Kompetensi, Kemampuan auditor mendeteksi kecurangan
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Feb 2019 01:59
Last Modified: 22 Feb 2019 01:59
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16957

Actions (login required)

View Item View Item