PENGARUH PROPORSI DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, UKURAN DEWAN DIREKSI, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 – 2016)

Putri, Adelia (2018) PENGARUH PROPORSI DEWAN KOMISARIS INDEPENDEN, UKURAN DEWAN DIREKSI, KEPEMILIKAN MANAJERIAL DAN KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 – 2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA19601.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Secara teoritis praktik good corporate governance dapat meningkatkan nilai perusahaan, meningkatkan kinerja keuangan, mengurangi risiko yang mungkin dilakukan oleh dewan direksi dengan keputusan-keputusan yang menguntungkan diri sendiri, dan secara umum meningkatkan kepercayaan investor. Sebaliknya praktik corporate governance yang butuk dapat menurunkan tingkat kepercayaan investor (Newel dan Wilson, 2002 Dwiridotjahjono, 2009). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh proporsi dewan komisaris independen, ukuran dewan direksi, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional terhadap kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 – 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proporsi dewan komisaris independen tidak berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan sedangkan ukuran dewan direksi, kepemilikan manajerial dan kepemilikan institusional berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Proporsi dewan komisaris independen, Ukuran dewan direksi, Kepemilikan manajerial, Kepemilikan institusional, Kinerja keuangan perusahaan
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Manejemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 22 Feb 2019 02:09
Last Modified: 22 Feb 2019 02:09
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16962

Actions (login required)

View Item View Item