Peran Pasar Seni Festival Kesenian Yogyakarta 29 sebagai Media Promosi Industri Kreatif di Yogyakarta ( Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peran Pasar Seni Festival Kesenian Yogyakarta 29 sebagai Media Promosi Industri Kreatif (UMKM) sektor Kerajinan di Yogyakarta )

ALHABSYI S, SYARIFAH ACHDA (2018) Peran Pasar Seni Festival Kesenian Yogyakarta 29 sebagai Media Promosi Industri Kreatif di Yogyakarta ( Studi Deskriptif Kualitatif tentang Peran Pasar Seni Festival Kesenian Yogyakarta 29 sebagai Media Promosi Industri Kreatif (UMKM) sektor Kerajinan di Yogyakarta ). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (SYARIFAH ACHDA ALHABSYI S)
KOM05188.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Industri kreatif di Indonesia terus berkembang dan menjadi perhatian utama karena perannya yang besar bagi pertumbuhan ekonomi negara. Yogyakarta merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang ikut berperan dalam pertumbuhan ekonomi kreatif dengan potensi kerajinan yang dimiliki. Salah satu event kesenian yang terkenal di Yogyakarta adalah Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) yang ikut mendukung pertumbuhan industri kreatif melalui program Pasar Seni. Oleh karena itu keberadaan event seperti pameran Pasar Seni FKY cukup penting sebagai media promosi bagi pelaku industri kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran Pasar Seni FKY 29 sebagai media promosi industri kreatif (UMKM) sektor kerajinan di Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan metode wawancara dan observasi untuk mengumpulkan data. Data yang peneliti peroleh merupakan hasil wawancara dengan peserta Pasar Seni FKY 29 dan panitia penyelenggara FKY 29. Peneliti mengambil lima peserta yang sesuai dengan kriteria narasumber yang sudah ditentukan, dan panitia penyelenggara terdiri dari Direktur Bagian Umum FKY 29, Koordinator Pasar Seni FKY 29, dan Koordinator Marcomm FKY 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya penyelenggara FKY 29 dalam menjalankan peran sebagai media promosi bagi industri kreatif (UMKM) sektor kerajinan di Yogyakarta melalui program Pasar Seni FKY dapat dilihat dari aktivitas dan rancangan Marketing Communication (Marcomm) FKY 29. Media atau salauran komunikasi yang digunakan meliputi media luar ruang, media cetak, media elektronik dan memaksimalkan penggunaan social media untuk mempromosikan event FKY 29. Fasilitas promosi yang disediakan oleh penyelenggara FKY 29 dapat membantu para peserta Pasar Seni dalam mencapai tujuan mengikuti Pasar Seni baik penjualan (selling) maupun pengenalan merek (brand awareness). Keterlibatan peserta Pasar Seni FKY 29 dalam melakukan promosi juga menjadi kunci dalam tercapainya peran Pasar Seni FKY sebagai media promosi industri kreatif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Event, Pameran, Komunikasi Pemasaran, Promosi, Industri kreatif,UMKM
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 22 Feb 2019 05:55
Last Modified: 22 Feb 2019 05:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/16987

Actions (login required)

View Item View Item