EVALUASI GEOMETRIK JALAN (Studi Kasus Jalan Lingkar Sorong-Pelabuhan Arar, Kabupaten Sorong, Papua Barat STA 0+000 Sampai STA 4+926)

TAPPANG, OTNIEL SUANDI (2018) EVALUASI GEOMETRIK JALAN (Studi Kasus Jalan Lingkar Sorong-Pelabuhan Arar, Kabupaten Sorong, Papua Barat STA 0+000 Sampai STA 4+926). S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TS149390.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TS149391.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TS149392.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
TS149393.pdf

Download (968kB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
TS149394.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
TS149395.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TS149396.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Pembangunan jalan Lingkar Sorong-Pelabuhan Arar merupakan salah satu cara yang diharapkan memudahkan mobilisasi kebutuhan yang ada di Kabupaten Sorong. Mobilisasi menuju dan keluar dari pelabuhan yang didominasi oleh kendaraan dengan muatan besar menjadi alasan peneliti untuk mengevaluasi jalan tersebut dengan mengambil sampel pada tikungan P-5 STA 0+864, P-10 STA 3+763, dan P-13 STA 4+287. Dalam penelitian ini, digunakan data primer yang melputi data geometric,serta kondisi perkerasan yang ada pada jalan Lingkar Sorong- Pelabuhan Arar. Setelah data diperoleh, dilakukan perhitungan dengan menggunakan metode Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota (TPGJAK) Bina marga tahun 1997, lalu dibandingkan dengan kondisi eksisting jalan. Dari hasil perhitungan yang dilakukan pada jalan Lingkar Sorong- Pelabuhan Arar diperoleh hasil bahwa pada tikungan P-10 dan P-13 tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan Bina Marga. Berdasarkan data eksisting, tikungan P-10 dan tikungan P-13 menggunakan tipe tikungan Spiral-Circle-Spiral sedangkan menurut hasil perhitungan yang dilakukan, tikungan tersebut seharusnya menggunakan tipe tikungan Spiral-Spiral. Selain itu diperlukan perubahan superelevasi sehingga tikungan pada ruas jalan bisa menjadi lebih aman dan nyaman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: geometrik jalan, alinemen horizontal, TPGJAK 1997, superelevasi, tikungan.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Feb 2019 06:40
Last Modified: 27 Feb 2019 06:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17127

Actions (login required)

View Item View Item