PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, DEBT TO TOTAL ASSETS, LABA/RUGI PERUSAHAAN DAN REPUTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 – 2016)

Wibisono, Christian Reddy (2018) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, DEBT TO TOTAL ASSETS, LABA/RUGI PERUSAHAAN DAN REPUTASI KANTOR AKUNTAN PUBLIK TERHADAP AUDIT REPORT LAG (Studi Empiris pada Perusahaan-Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 – 2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA18899.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Standar Profesional Akuntan Publik (SPAP) dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI, 2011) khususnya tentang standar pekerjaan lapangan mengatur tentang prosedur dalam penyelesaian pekerjaan lapangan seperti perlu adanya perencanaan atas aktivitas yang akan dilakukan, pemahaman yang memadai atas struktur pengendalian intern dan pengumpulan bukti-bukti kompeten yang diperoleh melalui inspeksi, pengamatan, pengajuan pertanyaan dan konfirmasi sebagai dasar untuk menyatakan pendapat atas laporan keuangan. Pemenuhan standar audit oleh auditor dapat berdampak lamanya penyelesaian laporan audit, tetapi juga berdampak peningkatan kualitas hasil auditnya. Pelaksanaan audit yang semakin sesuai dengan standar membutuhkan waktu semakin lama. Sebaliknya, semakin tidak sesuai dengan standar pekerjaan audit semakin pendek waktu yang diperlukan (Subekti, 2005). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, debt to total assets, laba/rugi perusahaan dan reputasi Kantor Akuntan Publik terhadap audit report lag. Penelitian dilakukan pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 – 2016. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan laba/rugi perusahaan berpengaruh negatif terhadap audit report lag. Debt to total assets berpengaruh positif terhadap audit report lag. Reputasi Kantor Akuntan Publik tidak berpengaruh terhadap audit report lag.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ukuran perusahaan, Debt to total assets, Laba/rugi perusahaan, Reputasi Kantor Akuntan Publik, Audit report lag
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Mar 2019 04:01
Last Modified: 04 Mar 2019 04:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17191

Actions (login required)

View Item View Item