PENGARUH PERGANTIAN MANAJEMEN, UKURAN KAP, DAN FEE AUDIT TERHADAP AUDITOR SWITCHING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2012-2016

Putranti, Patricia Elza Arie (2018) PENGARUH PERGANTIAN MANAJEMEN, UKURAN KAP, DAN FEE AUDIT TERHADAP AUDITOR SWITCHING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2012-2016. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA20915.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Auditor switching adalah tindakan perpindahan auditor yang dilakukan oleh perusahaan sebagai salah satu upaya yang digunakan untuk menjaga objektivitas dan independen auditor serta menjaga kepercayaan publik dalam fungsi audit akibat masa perikatan yang lama (Susanti, 2014 dalam Utami, dkk, 2015). Auditor switching dapat bersifat wajib (mandatory) ataupun sukarela (voluntary). Pemerintah Indonesia sendiri telah menerapkan kewajiban mengenai pergantian auditor (auditor switching) dan tertuang didalam peraturan yang dibuat oleh pemerintah. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh pergantian manajemen, ukuran KAP, dan fee audit terhadap auditor switching. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012-2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pergantian manajemen, ukuran KAP, dan fee audit tidak berpengaruh terhadap auditor switching.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Auditor switching, pergantian manajemen, ukuran KAP, fee audit
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Mar 2019 04:11
Last Modified: 04 Mar 2019 04:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17198

Actions (login required)

View Item View Item