ANALISIS PENGARUH MEKANISME BONUS, UKURAN PERUSAHAAN DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP TRANSAKSI TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2016

Vincent, Celvin Leo (2018) ANALISIS PENGARUH MEKANISME BONUS, UKURAN PERUSAHAAN DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP TRANSAKSI TRANSFER PRICING PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2012-2016. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA21122.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Transfer pricing merupakan suatu penentuan harga sehubungan dengan transaksi yang dilakukan pihak berelasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris mengenai mekanisme bonus, ukuran perusahaan dan kepemilikan asing terhadap transaksi transfer pricing pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2012-2016. Mekanisme bonus diukur menggunakan proksi indeks trend laba bersih, ukuran perusahaan diukur menggunakan proksi Ln Log total aset, kepemilikan asing diukur menggunakan presentase kepemilikan asing sebesar 20% atau lebih dan transfer pricing diukur menggunakan nilai transaksi pihak berelasi (related party transaction/RPT) penjualan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data arsip sekunder. Data diperoleh dari laporan tahunan perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2012-2016. Sampel dipilih menggunakan teknik pengambilan purposive sampling dan diperoleh jumlah objek sebanyak 15 perusahaan manufaktur dengan total sampel sebanyak 75 laporan keuangan perusahaan manufaktur selama 5 periode. Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan analisis regresi data panel. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh bahwa mekanisme bonus dan kepemilikan asing tidak berpengaruh terhadap transaksi transfer pricing. Sedangkan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap transaksi transfer pricing.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: mekanisme bonus, ukuran perusahaan, kepemilikan asing, transfer pricing, related party transaction.
Subjects: Akuntansi > Perpajakan / Sektor Publik
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 04 Mar 2019 04:37
Last Modified: 04 Mar 2019 04:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17211

Actions (login required)

View Item View Item