DREANSA, ANDANA KAY (2018) KONSEP DIRI SELEBGRAM FASHION (Studi Deskriptif Kualitatif Selebgram Fashion). S1 thesis, UAJY.
Text (ANDANA KAY DREANSA)
KOM04352.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Keberadaan instagram pada saat ini membawa pengaruh yang besar bagi kehidupan sosial masyarakat. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengguna Instagram yang merasakan bahwa penting untuk menampilkan siapa dirinya sehingga dapat dikenal luas oleh orang lain. Bagi pemilik akun Instagram yang memiliki banyak penggemar akan dikenal dengan sebutan “Selebgram”. Selebgram, singkatan dari Selebritis Instagram. Selebgram merupakan istilah yang berkembang pada saat ini yang diberikan kepada akun pribadi seseorang yang memiliki banyak followers dikarenakan foto atau video yang di upload oleh orang tersebut menarik dan banyak disukai oleh para pengguna instagram lainnya. Penelitian yang dilakukan oleh penulis disini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara dengan tiga narasumber selebgram fashion. Konsep diri yang dimiliki oleh selebgram fashion di Yogyakarta adalah selebgram meyakini kemampuan, minat dan kesukaan yang dalam dirinya di bidang fashion. Hal tersebut ditunjukkan dengan unggahan foto dan video yang ada pada akun Instagram milik selebgram tersebut. Selebgram meyakini kemampuan dirinya dalam bidang fashion misalkan dalam kesehariannya memadu padankan baju yang akan dikenakan sehingga mempunyai tampilan yang berbeda-beda, ada juga selebgram yang mampu mendesain sendiri baju yang dikenakannya sesuai dengan karakter kepribadiannya sehingga penampilannya memiliki ciri khas. Konsep diri yang dimiliki selebgram fashion di Yogyakarta adalah selebgram yang meyakini kemampuan, minat, dan kesukaan dalam dirinya di bidang fashion.Hal ini ditunjukkan dengan unggahan foto dan video yang ada pada akun instagram milik ketiga selebgram fashion yang ada di Yogyakarta. Selebgram meyakini kemampuan dirinya dalam bidang fashion, misalnya dalam kesehariannya memadu padankan baju yang akan dikenakan, sehingga mempunyai tampilan yang berbeda – beda. Selebgram fashion menyatakan bahwa fashion adalah suatu seni sehingga mampu menggambarkan atau mempresentasikan dirinya pada saat sedang memakai pakaian yang mereka kenakan. Instagram merupakan sosial media yang sedang banyak digunakan untuk memperkenalkan diri seseorang terhadap orang banyak melalui dunia maya. Selain itu instagram juga merupakan sosial media yang saat ini banyak digunakan untuk mengiklankan suatu produk Maka dari itu banyak sekali selebgram yang menggunakan sosial media untuk menjalin hubungan dengan orang lain serta mengiklankan suatu produk yang akan mereka unggah di akun instagram miliknya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | fashion, selebgram, instagram |
Subjects: | Komunikasi > Advertising |
Divisions: | Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi |
Depositing User: | Lia natanaelia utami |
Date Deposited: | 05 Mar 2019 03:00 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 03:00 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17230 |
Actions (login required)
View Item |