PENGARUH DUKUNGAN SUPERVISOR DAN DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP NIAT UNTUK MENINGGALKAN ORGANISASI (Studi pada Karyawan Madani Hotel Medan)

Panjaitan, Ika Risma (2018) PENGARUH DUKUNGAN SUPERVISOR DAN DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP NIAT UNTUK MENINGGALKAN ORGANISASI (Studi pada Karyawan Madani Hotel Medan). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM20017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Niat karyawan untuk meninggalkan organisasi merupakan sebuah fenomena yang biasa terjadi dalam organisasi. Niat karyawan yang tinggi untuk meninggalkan organisasi adalah hal yang buruk dan harus dicegah. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan niat karyawan untuk meninggalkan organisasi adalah dengan memberikan dukungan dari supervisor maupun dari organisasi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: 1) Mengetahui persepsi karyawan Madani Hotel Medan pada dukungan supervisor. 2) Mengetahui persepsi karyawan Madani Hotel Medan pada dukungan organisasi. 3) Mengetahui tingkat niat karyawan Madani Hotel untuk meninggalkan organisasi. Dan 4) Mengetahui pengaruh dukungan supervisor dan dukungan organisasi terhadap niat karyawan untuk meninggalkan organisasi. Penelitian ini dilakukan pada 112 orang karyawan Madani Hotel Medan. Metode analisis data yang digunakan terdiri dari analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Penilaian karyawan Madani Hotel Medan pada variabel dukungan supervisor termasuk dalam kategori yang baik. 2) Penilaian karyawan Madani Hotel Medan pada variabel dukungan organisasi termasuk dalam kategori yang baik. 3) Niat karyawan Madani Hotel Medan untuk meninggalkan organisasi termasuk dalam kategori yang cukup tinggi. 4) Dukungan supervisor memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap niat karyawan untuk meninggalkan organisasi. 5) Dukungan organisasi memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap niat karyawan untuk meninggalkan organisasi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: dukungan supervisor, dukungan organisasi dan niat untuk meninggalkan organisasi
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Mar 2019 02:53
Last Modified: 05 Mar 2019 02:53
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17237

Actions (login required)

View Item View Item