LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR Pusat Konservasi Burung di Pekanbaru dengan Pendekatan Eco-Arsitektur

Samudra, Dewata (2018) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR Pusat Konservasi Burung di Pekanbaru dengan Pendekatan Eco-Arsitektur. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA15129.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Dewasa ini, perburuan burung secara besar-besaran semakin marak dilakukan oleh masyarakat pekanbaru. Banyak burung-burung asli atau endemik dari pekanbaru yang keberadaanya sudah jarang ditemui dihutan-hutan pekanbaru dan keadaan ini sangat mempengaruhi ekosistem hutan dan seisinya. Jika kegiatan ini terus dilakukan tanpa ada respon dan penanganan dari pemerintah maka burung-burung endemik di pekanbaru akan mengalami ancaman kepunahan. Berdasarkan pencarian data dari The IUCN Red List of Threatened Spesies terkait dengan burung-burung endemik pekanbaru terdapat 10 jenis burung yang statusnya sudah dilindungi dan sudah masuk dalam angka kepunahan. Burung-burung yang statusnya dilindungi dan masuk didalam kepunahan diantaranya adalah Sikatan Aceh (Cyornis ruckii), Tokhtor Sumatera (Carpococcyx viridis), Ciung-mungkal Sumatera (Cochoa beccarii), Poksai Jambul (Garrulax bicolor), Paok Schneider (Pitta schneideri), Cica-daun Sumatera atau Blue-masked Leafbird (Chloropsis venusta), Ciungbatukecil Sumatera atau Chestnut-winged Whistling-thrush (Myophonus castaneus), Cucak Mutiara atau Spot-necked Bulbul (Pycnonotus tympanistrigus), Srigunting Sumatera atau Sumatran Drongo (Dicrurus sumatranus), Anis Enggano atau Enggano Thrush (Zoothera leucolaema). Oleh karna itu adanya Pusat Konservasi Burung dengan pendekatan Eco-arsitektur dipekanbaru sangat penting agar masyarakat lebih mencintai dan menyayangi burung-burung yang ada di pekanbaru dan menciptakan kelestarian burung-burung endemik dari sumatra sebagaimana seperti program yang telah dicanangkan oleh pemerintah kota pekanbaru bersamadengan BBKSDA (Balai besar konservasi sumber daya alam) Riau.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perburuan, pusat konservasi burung, eco-arsitektur
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Mar 2019 03:13
Last Modified: 05 Mar 2019 03:26
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17242

Actions (login required)

View Item View Item