TAHAPAN SOSIALISASI HUMAS PEMERINTAH PADA PROGRAM KERJA KEGIATAN (Studi Kasus Pada HUT Jogja Ke-261 Tahun 2017 Oleh Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Yogyakarta)

Clara, Aloysia (2018) TAHAPAN SOSIALISASI HUMAS PEMERINTAH PADA PROGRAM KERJA KEGIATAN (Studi Kasus Pada HUT Jogja Ke-261 Tahun 2017 Oleh Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Aloysia clara)
KOM04348.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perayaan HUT Jogja merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh pemerintah kota Yogyakarta setiap tahunnya. Oleh karena itu diperlukan upaya sosialisasi sehingga penyelenggaraan acara dapat diketahui oleh masyarakat luas. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bentuk sosialisasi Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta dalam mensosialisasikan HUT Jogja ke- 261 Tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sosialisasi Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta dalam mensosialisasikan HUT Jogja ke- 261 dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu menentukan sasaran/target sosialisasi yaitu seluruh warga masyarakat. Menetapkan isi pesan sosialisasi kepada segmen sosialisasi. Penetapan pesan tersebut dilakukan dengan proses perencanaan materi sosialisasi. Publikasi media cetak dan media elektronik. Publikasi dilakukan dengan memberikan informasi kepada media terkait dengan pelaksanaan HUT Jogja. Dinas mengundang Paguyuban Pers di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta untuk melakukan press conference. Publikasi juga dilakukan dengan menggunakan media elektronik seperti televisi lokal dan kantor berita online. Dinas Kominfo menetapkan metode komunikasi dalam menyampaikan pesan kepada segmen sasarannya. Penggunaan bahasa sehari-hari yang mudah dipahami, jelas dan singkat. Menetapkan strategi untuk komunikator dalam menyampaikan pesan sosialisasi. Dinas telah menyiapkan tim admin media sosial. Pihak yang bertanggungjawab dalam sosialisasi adalah Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi, Humas Pemerintah, Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian Yogyakarta, HUT Jogja.
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 05 Mar 2019 03:08
Last Modified: 05 Mar 2019 03:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17243

Actions (login required)

View Item View Item