LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR NGUDHARI RESORT DI SLEMAN, YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN HEALING ENVIRONMENT PADA RUANG DALAM DAN RUANG LUAR

ANUGRAHENI, YESENIA (2018) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR NGUDHARI RESORT DI SLEMAN, YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN HEALING ENVIRONMENT PADA RUANG DALAM DAN RUANG LUAR. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA15598.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Jaman dimana kecanggihan teknologi semakin maju setiap harinya, perubahan gaya hidup setiap orang dan efek samping dari modernisasi menyebabkan stress serta menimbulkan berbagai macam penyakit. Pencegahan pertama yang dapat dilakukan sebagai upaya mengurangi resiko penyakit adalah dengan menjaga kesehatan jiwa yang baik. Kesehatan jiwa yang baik dapat dilakukan melalui pendekatan yang menarik, yaitu dengan cara wisata minat khusus – health tourism yang akan diwujudkan dalam rancangan Ngudhari Resort di Yogyakarta. Ngudhari Resort di Yogyakarta akan menjadi sebuah resort yang menawarkan fasilitas rekreasi serta yang akan difokuskan dengan kesehatan jiwa setiap orang. Fasilitas kesehatan tersebut diterapkan dalam berbagai macam kegiatan seperti personal consultation; physical exercise; perawatan spa; dan juga berbagai macam olah raga seperti yoga dan lainnya. Kegiatan tersebuat diwadahi dalam fasilitas yang ada di Ngudhari Resort di Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam bangunan Ngudhari Resort adalah pendekatan healing environment, dimana pendekatan ini dapat mempercepat waktu pemulihan kesehatan seseorang. Konsep healing environment dihadirkan melalui fungsi dan konsep suasana yang akan terbentuk dalam bangunan. Konsep suasana yang akan diterapkan adalah sebuah suasana yang selaras dengan alam dan lingkungan sekitar antar bangunan. Suasana tersebut direspon dengan pengolahan tapak yang menyesuaikan kontur, penegasan view alam yang utama, serta dengan menghadirkan suasana ruang luar ke ruang dalam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan jaman, Health Resort, Suasana
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 05 Mar 2019 03:22
Last Modified: 05 Mar 2019 03:22
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17245

Actions (login required)

View Item View Item