PRINSIP KEBENARAN DAN KESEIMBANGAN DALAM PEMBERITAAN DI MEDIA ONLINE (Analisis Isi Pemberitaan Relokasi Pedagang Kaki Lima Tanah Abang Jakarta di Kompas.com dan Tempo.co Periode 01 Januari 2018 sampai 30 Januari 2018)

Kurniawan, Bagas Sandi (2018) PRINSIP KEBENARAN DAN KESEIMBANGAN DALAM PEMBERITAAN DI MEDIA ONLINE (Analisis Isi Pemberitaan Relokasi Pedagang Kaki Lima Tanah Abang Jakarta di Kompas.com dan Tempo.co Periode 01 Januari 2018 sampai 30 Januari 2018). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Bagas Sandi Kurniawan)
KOM04313.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Pemberitaan relokasi pedagang kaki lima di Tanah Abang menjadi objek penelitian karena kebijakan yang dibuat Pempov DKI banyak menimbulkan pro kontra di masyarakat. Penelitian dilakukan di portal berita online Kompas.com dan Tempo.co. Teori objektifitas menjadi teori utama yang digunkan untuk menganalisis artikel pada portal berita online permasalahan yang kemudian muncul adalah penerapan semua unit analisis yang ada pada teori objektifitas pada artikel media online karena tidak semua bisa diterapkan hanya pada prinsip kebenaran dan keseimbangan yang cocok diterapkan dalam media online. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode desktiptif kuantitatif yang bertujuan untuk memaparkan hasil temuan data dari prinsip kebenaran dan keseimbangan yang ada pada Kompas.com dan Tempo.co terkait pemberitaan relokasi pedagang Tanah Abang. Sehingga dapat diketahui bagaimana prinsip kebenaran dan keseimbangan yang ada pada Kompas.com dan Tempo.co. Pada akhirnya hasil yang didapatkan jika media online masih belum bisa memenuhi kebutuhan informasi untuk publik secara utuh, hal ini dikarenakan karateristik pada media online yang menyebabkan ketidak mampuan penyampaian informasi secara utuh, sehingga menghasilakan temuan jika artikel berita didominasi dengan pemberitaan yang tidak cover both side, lebih cenderung menggunakan fakta sosiologis dan pemberian porsi yang lebih banyak pada pihak pemerintah sehingga menghasilkan bentuk evaluasi yang positif

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi, Kebenaran, Keseimbangan
Subjects: Komunikasi > Jurnalisme
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 05 Mar 2019 03:36
Last Modified: 05 Mar 2019 03:36
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17249

Actions (login required)

View Item View Item