LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN MUSEUM MAINAN TRADISIONAL DI YOGYAKARTA BERDADASRKAN IDEOLOGI ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR

SADMIA, ALYNE (2018) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN MUSEUM MAINAN TRADISIONAL DI YOGYAKARTA BERDADASRKAN IDEOLOGI ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA13956.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Teknologi canggih saat ini mempengaruhi kebiasaan anak-anak dalam kehidupan sehari-hari salah satunya adalah kebiasaan dalam bermain. Pada era sebelum munculya teknologi gadget anak-anak terbiasa untuk bermain diluar rumah bersama dengan teman-teman sebaya mereka dengan berbagai macam permainan tradisional. Permainan ini tentunya membentuk psikologi bagi masin-masing anak salah satu contohnya adalah mereka lebih mudah bergaul dengan teman-teman. Namun setelah munculnya teknologi gadget anak-anak lebih sering bermain dengan gadget dibandingkan bermain diluar bersama teman-teman mereka. Hal ini dapat membentuk sikap yang introvert dan menjadi kurang peka terhadap lingkungan sekitar. Semakin majunya teknologi juga membuat semakin banyak dan semakin beragamnya jenis permainan yang muncul di pasaran khususnya permainan dalam bentuk aplikasi di handphone ataupundalam bentuk virtual games. Munculnya mainan-mainan tersebut mulai menggeser keberadaan mainan-mainan tradisional. Dari permasalahan tersebut diharapkan museum mainan ini dapat menjadi tempat edukasi dan berkumpulnya anak-anak untuk bermain serta untuk melestarikan kebudayaan dari permainan tradisional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 06 Mar 2019 01:37
Last Modified: 06 Mar 2019 01:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17257

Actions (login required)

View Item View Item