LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR RESOR DI DESA TUKTUK SIADONG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TRADISIONAL MODEREN

DOLOKSARIBU, SULASTRI (2018) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR RESOR DI DESA TUKTUK SIADONG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TRADISIONAL MODEREN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA15098.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Danau Toba merupakan salah satu danau terbesar di dunia, dan yang terbesar dan terpopuler di indonesia. Lokasinya berada pada beberapa kabupaten, antara lain kabupaten Simalungun, kabupaten Samosir, kabupaten Tapanuli Utara, Indonesia. Perkembangan pariwisata di Sumatera Utara menunjukkan kenaikan positif yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dengan penambahan jumlah wisatawan mancanegara dari beberapa daerah yang berkunjung di Sumatera Utara meningkat 15.09 % tiap tahunnya dibanding pada periode tahun sebelumnya. Dengan peningkatan jumlah wisatawan yang signifikan ini, maka sangat diperlukan sebuah tempat alternatif wisata yang bisa menjadi ciri khas Sumatera Utara yang dapat menampung dan mengakomodasi kegiatan pariwisata di Sumatera Utara. Oleh karena pertimbangan-pertimbangan di atas, maka dibangunnya sebuah penginapan atau guest house ekslusif berupa Resort yang mempunyai potensi besar guna mendukung citra wisata Danau Toba sendiri menjadi lebih baik lagi bagi Indonesia. Perkembangan pariwisata pada saat ini di Sumatera Utara khususnya di Kabupaten Samosir, juga membawa dampak positif bagi lingkungan masyarakat Samosir yakni yang berdomisili di desa Tuktuk Siadong yang pada saat ini mulai berkembang pesat sebagai tempat penginapan bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengunjungi wisata Pulau Samosir atau Danau Toba. Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke danau toba memerikan dampak yang besar bagi masyarakat yang menghuni danau toba untuk mengembangkan tempat-tempat wisata di danau toba khususnya Pulau Samosir. Desa tuktuk siadong merupakan salah satu desa yang perkembangan pembangunan hotel,cottage,inn,dan restoransangat pesat. Membangun Resort yang terletak di desa Tuktuk Siadong, Kecamatan Ambarita,Kabupaten Pangururan Samosir, dengan menggunakan pendekatan Arsitektur Tradisional Moderen, sehingga wisatawan dapat menikmati sepenuhnya alam, tradisi dan budaya masyarakat yang tinggal di pulau samosir Danau Toba. Potensi alam yang terdapat di desa Tuktuk Siadong sangat mendukung untuk mendirikan sebuah resort di desa tersebut. Penulis berharap dengan adanya resort di desa Tuktuk Siadong memberikan dampak poritif juga dalam pembangunan infrastruktur di desa tersebut agar lebih muda di akses oleh wisatawan lokal maupun mancanegara.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Arsitektur Tradisional Moderen, Resor, Danau Toba.
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 06 Mar 2019 01:51
Last Modified: 06 Mar 2019 01:51
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17264

Actions (login required)

View Item View Item