LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT FESYEN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Kirana, Ceicilia Grace Olive Nanda (2018) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT FESYEN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA14661.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Seiring berkembangnya jaman, perubahan fashion mulai tampak pada masa pencerahan ialah masa Renaisan, Barok, dan Rakoko dimana tata busana telah bersifat internasional. Hal tersebut memberi pengaruh yang besar terhadap perkembangan fashion di negara-negara lainnya, salah satunya Indonesia. Perkembangan industri/bisnis fashion di Yogyakarta mengalami peningkatan setiap tahun mulai bermunculan distro dan butik. Dalam perkembangannya distro dan butik masih bergerak secara independen dan belum banyak mendapatkan dukungan dari pihak manapun termasuk pemerintah setempat, sehingga pembangunan menjadi tidak terpusat dan tidak terkontrol. Perencanaan Bangunan Pusat Fesyen di Daerah Istimewa Yogyakarta dapat menjadi tempat yang fungsional untuk mewadahi pengunjung yang mencari kebutuhan fesyen dan dinamis sesuai dengan perkembangan fesyen dari masa-masa. Pengolahan tampilan fasad dengan menerapkan pendekatan dari prinsip pendekatan Arsitektur Modern. Pengolahan tata ruang dalam dengan gaya Industrial agar terkesan luas dan besar. Metode yang digunakan dalam analisis permasalahan menggunakan pola pemikiran deduktif dengan mendasarkan pada teori umum, peraturan standar dan kebijakankebijakan yang terkait serta persyaratan yang ada mengenai Pusat Fesyen yang kemudian hasil dari analisa tersebut secara khusus dipadukan dengan konsep Bangunan Arsitektur Modern pada fasad bangunan dan gaya Industrial pada tata ruang dalam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fashion, Distro dan Butik, Pusat Fesyen, Arsitektur Modern pada Fasad, Gaya Industrial pada Tata Ruang Dalam
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 06 Mar 2019 01:57
Last Modified: 06 Mar 2019 01:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17268

Actions (login required)

View Item View Item