PENGARUH POTENSI KEBANGKRUTAN, STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP PEMBERIAN OPINI AUDIT GOING CONCERN

Betaubun, Devis Alexander (2018) PENGARUH POTENSI KEBANGKRUTAN, STRUKTUR KEPEMILIKAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP PEMBERIAN OPINI AUDIT GOING CONCERN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Devis Alexander Betaubun)
EA18968.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perusahaan yang telah melakukan kegiatan operasi akan berusaha mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Salah satu informasi yang dapat digunakan oleh investor maupun pihak lain untuk menilai kelangsungan hidup perusahaan yaitu dari opini yang dikeluarkan oleh auditor independen. Auditor independen memiliki tanggung jawab untuk memberikan opini mengenai kewajaran mengenai laporan keuangan. Auditor juga bertanggung jawab untuk menilai apakah terdapat kesangsian besar terhadap kemampuan perusahaan dalam mempertahankan kelangsungan hidup (SPAP, 2011). Banyak faktor yang mempengaruhi pemberian opini audit going concern, antara lain potensi kebangkrutan, struktur kepemilikan dan profitabilitas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji apakah potensi kebangkrutan, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional, kepemilikan asing dan profitabilitas terhadap pemberian opini audit going concern. Penelitian ini dilakukan pada seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 sampai tahun 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Potensi kebangkrutan berpengaruh positif terhadap penerimaan opini audit going concern, Kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap penerimaan opini audit going concern, Kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap penerimaan opini audit going concern, Kepemilikan asing tidak berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern dan Profitabilitas berpengaruh negatif terhadap penerimaan opini audit going concern.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Opini audit going concern, Potensi kebangkrutan, Kepemilikan manajerial, Kepemilikan institusional, Kepemilikan asing, Profitabilitas
Subjects: Akuntansi > Auditing dan Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 06 Mar 2019 02:14
Last Modified: 06 Mar 2019 02:42
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17272

Actions (login required)

View Item View Item