LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SEKOLAH INTERNASIONAL DI KOTA SEMARANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR HIJAU

PRIMANINGTYAS, MEGA (2018) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SEKOLAH INTERNASIONAL DI KOTA SEMARANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR HIJAU. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA15263.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Semarang sebagai ibukota Provinsi Jawa Tengah merupakan kota untuk melakukan hubungan baik skala regional, nasional, maupun internasional , sehingga membutuhkan sarana dan prasarana termasuk didalamnya adalah sarana pendidikan. Sekolah Internasional merupakan alternatif untuk dapat memberikan kesempatan berpendidikan kepada masyarakat lokal maupun asing yang ada di kota semarang yang memberikan kualitas dengan mutu dan standar internasional. Sekolah Internasional yang akan dihadirkan ini membawa konsep arsitektur hijau. Sekolah Internasional dengan konsep Arsitektur hijau adalah sebuah konsep rancangan arsitektur yang ramah lingkungan, efisien, dan berkelanjutan. Konsep arsitektur hijau memiliki banyak keuntungan bagi bangunan, lingkungan sekitar, baik dalam skala kota maupun secara keseluruhan. Arsitektur hijau memiliki prinsip untuk mendekatkan diri dengan alam. Aspek yang diambil dari lingkungan sekitar adalah ketenangan dan suasana hijau yang dimasukkan ke dalam bangunan. Konsep arsitektur hijau diterapkan dalam perancangan massa dan tata ruang luar Sekolah Internasional yang menggunakan material ramah lingkungan serta bentuk yang efisiensi dan juga memperhatikan sektor lingkungan atau penataan ruang (space) yang berkualitas sehingga akan memunculkan perasaan yang nyaman, menyenangkan dan semangat untuk berkreativitas serta berinovasi yang sangat mendukung kegiatan kegiatan didalamnya dengan menghadirkan suasana edukatif dan representative.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Internasional, Konsep Pendekatan Arsitektur Hijau.
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 06 Mar 2019 02:17
Last Modified: 06 Mar 2019 02:17
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17278

Actions (login required)

View Item View Item