LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PASAR TRADISIONAL BERNUANSA WISATA DI KOTA PEKANBARU PROVINSI RIAU

PRABOWO, ANDREAS ADHI (2018) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PASAR TRADISIONAL BERNUANSA WISATA DI KOTA PEKANBARU PROVINSI RIAU. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA15688.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Pasar merupakan fasilitas penting dalam sektor perdagangan suatu daerah. Setiap kota atau bahkan kecamatan pasti memiliki Pasar Tradisional yang menjadi andalan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kini, munculnya pasar modern membuat pamor pasar tradisional menjadi turun. Masyarakat khususnya penduduk kota lebih banyak memilih pasar modern untuk berbelanja karena suasana dan fasilitas yang modern dan nyaman. Kota Pekanbaru merupakan kota yang tumbuh dari embrio perdagangan. Kota yang tercipta karena adanya pasar, lalu bertumbuh menjadi kota yang maju seperti sekarang ini. Meskipun tumbuh di sektor perdagangan, jumlah pengunjung Pasar tradisional di Kota Pekanbaru menurun setiap tahunnya. Hal ini diakibatkan karena munculnya Pasar Kaget dan Pedagang Kaki Lima (PKL) dengan harga jual dagang lebih murah dibandingkan dengan Pasar Tradisional membuat pembeli memilih untuk berberlanja di Pasar Kaget. Selain sektor perdagangan, sektor wisata pada Kota Pekanbaru hanya mengandalkan objek wisata buatan. Meningkatnya wisatawan dari luar dan dalam negeri setiap tahunnya menjadi potensi untuk memajukan sektor wisata melalui Pasar Wisata. Pasar Tradisional bernuansa wisata di Kota Pekanbaru, Riau adalah strategi untuk mengatasi permasalahan Pasar Kaget, PKL, dan objek wisata. Menetapkan lokasi Pasar Tradisional bernuansa wisata berdasarkan jumlah pedagang Pasar Kaget dan PKL agar dapat ditata dan direlokasi. Tata ruang dan fasad bangunan Pasar menggunakan pendekatan arsitektur Melayu Riau sehingga menjadi Pasar Tradisional bernuansa Wisata dan diharapkan dapat menjadi icon/landmark Kota Pekanbaru, Riau.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perdagangan, Pasar, Pasar Tradisional, Wisata.
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 06 Mar 2019 02:20
Last Modified: 06 Mar 2019 02:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17280

Actions (login required)

View Item View Item