LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT PENGEMBANGAN DAN EDUKASI BIOENERGI DI KELURAHAN MARIDAN, KALIMANTAN TIMUR

WIDOWATI, SHINTIA (2018) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT PENGEMBANGAN DAN EDUKASI BIOENERGI DI KELURAHAN MARIDAN, KALIMANTAN TIMUR. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA14667.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)

Abstract

Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki sumber daya alam kehutanan yang besar sehingga menyebabkan berdirinya banyak perusahaan yang bergerak di bidang industri pengolahan hasil hutan/kayu. PT. ITCI Kartika Utama merupakan salah satu perusahaan industri pengolahan hasil hutan/kayu di Kalimantan Timur yang saat ini memberhentikan produksi pengolahan kayu dikarenakan tidak adanya bahan baku. PT. ITCI Kartika akan kembali beroperasi dengan mengganti jenis usahanya dari industri kayu lapis menjadi pengembangan energi terbarukan yaitu industri pengembangan bioenergi yang berasal dari kayu hutan dan nira tanaman aren sebagai biomassa utama. Pengembangan dari perusahaan ini diharapkan dapat membawa keuntungan bagi daerah dengan penyerapan tenaga kerja yang besar dan keuntungan bagi lingkungan karena berbasis pada bioenergi. Pusat Pengembangan dan Edukasi Bioenergi di Kelurahan Maridan sebagai bangunan multifungsi diharapkan mampu memenuhi kebutuhan PT. ITCI Kartika Utama dalam rancangan bangunan yang sesuai dengan pengembangan bioenergi. Terdapatnya beberapa fungsi lain seperti fungsi edukasi berupa pusat pelatihan dalam rancangan ini adalah untuk menambah nilai fungsi bangunan yang dapat bermanfaat bagi pendidikan generasi muda khususnya dalam pengembangan wawasan dan pembelajaran yang rekreatif terkait dengan energi terbarukan yaitu bioenergi yang akan dikembangkan oleh PT. ITCI Kartika Utama serta terdapat pusat kuliner dan wisata alam sabagai fungsi penunjang menambah daya tarik di bidang wisata-edukasi karena belum ada bangunan serupa yang akan menambah nilai ekonomi di Kabupaten Penajam Paser Utara khususnya di Kelurahan Maridan yang sebelumnya belum terdapat objek wisata. Dengan adanya penulisan ini, diharapkan mampu mewujudkan rancangan desain bangunan yang dapat meningkatkan produktifitas pekerja dan pendidikan bagi pengunjung berbasis rekreasi lingkungan pada Pusat Pengembangan dan Edukasi Bioenergi di Kelurahan Maridan – Kalimantan Timur berdasarkan pendekatan arsitektur ekologi sehingga terjadi proses keterkaitan antara rancang fisik bangunan dan psikologis pengguna dengan memanfaatkan lingkungan alam setempat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pusat Bioenergi, Wisata Edukasi, Rekreasi Lingkungan, Arsitektur Ekologi.
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 06 Mar 2019 02:37
Last Modified: 06 Mar 2019 02:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17289

Actions (login required)

View Item View Item