PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK DAN PROFITABILITAS TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 – 2016)

Dima, Lusia Sarje (2018) PENGARUH PERTUMBUHAN PERUSAHAAN, UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK DAN PROFITABILITAS TERHADAP OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012 – 2016). S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Lusia Sarje Dima)
EA18885.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Auditor sebagai pihak independen berperan sebagai pihak perantara antara perusahaan sebagai penyedia laporan keuangan dengan investor sebagai pengguna laporan keuangan. Isi laporan keuangan merupakan tanggung jawab pihak manajemen perusahaan sedangkan auditor bertanggungjawab atas opini yang diberikan (Dewi, 2011). Auditor juga bertanggungjawab dalam audit laporan keuangan berkenaan dengan penggunaan asumsi usaha berkesinambungan dan penilaian manajemen mengenai kemampuan entitas untuk melanjutkan usahanya sebagai usaha berkesinambungan (Tuanakotta, 2014:220). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji pengaruh pertumbuhan perusahaan, ukuran Kantor Akuntan Publik dan profitabilitas terhadap pemberian opini audit going concern. Penelitian dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2012 – 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan perusahaan tidak berpengaruh terhadap pemberian opini audit going concern, ukuran Kantor Akuntan Publik tidak berpengaruh terhadap pemberian opini audit going concern dan profitabilitas berpengaruh terhadap opini audit going concern.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pertumbuhan perusahaan, Ukuran Kantor Akuntan Publik, Profitabilitas, Opini audit going concern.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Lia natanaelia utami
Date Deposited: 06 Mar 2019 02:40
Last Modified: 06 Mar 2019 02:40
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17290

Actions (login required)

View Item View Item