LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PERANCANGAN ULANG TERMINAL BANDAR UDARA PANGSUMA PUTUSSIBAU, KAPUAS HULU, KALIMANTAN BARAT

LEVRITA, BRIGITA (2018) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PERANCANGAN ULANG TERMINAL BANDAR UDARA PANGSUMA PUTUSSIBAU, KAPUAS HULU, KALIMANTAN BARAT. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA14604.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Peningkatan gaya hidup dimasa sekarang dapat memberikan pengaruh besar terhadap transportasi terutama pada transportasi pesawat terbang. Transportasi pesawat terbang yang mempermudah manusia untuk berpindah tempat dalam waktu yang singkat, oleh karena itu permintaan transportasi pesawat terbang lebih banyak diminati. Bandar udara Pangsuma Putussibau adalah bandar udara dengan menampung pesawat kecil dengan rute Pontianak- Putussibau dan sebaliknya. Bandar udara Pangsuma terletak di Kabupaten Kapuas Hulu tepatnya di kota Putussibau, Kalimantan Barat. Bandara Pangsuma ini termasuk dalam bandar udara kelas II (dua) berkategori Domestik Airpot dan memiliki luas 14.950m² serta luas terminal penumpang 480m² Pada era globalisasi terminal bandara tidak hanya menjadi tempat singgah pengguna transportasi pesawat, melainkan terminal bandara menjadi pintu gerbang masuk kesuatu kawasan lainnya. Terminal bandara dapat menjadi sebuah icon yang membanggakan untuk kota itu sendiri, dengan desain khusus yang mengambarkan atau mencerminkan karakter dari kota itu sendiri, seperti mengambil unsur-unsur lokal dan budaya. Semakin bertabahnya waktu bangunan terminal bandar udara Pangsuma hampir tidak mencukupi untuk mewadahi penumpang atau pengguna bandar udara yang semakin meningkat setiap tahunnya, maka dari itu perlu adanya perancangan ulang terminal bandar udara dengan memperhatikan kenyamanan dan fasilitas pengguna bandar udara. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana wujud rancangan ulang terminal bandar udara Pangsuma di Putussibau, Kab. Kapuas Hulu, Kalimantan Barat melalui pendekatan lokal dengan tatanan ruang luar dan ruang dalam yang dapat mewadahi aktivitas pelaku pengguna bandar udara dengan memperhatikan kenyamanan pengguna. Perancangan ulang terminal bandar udara Pangsuma ini di desain dengan menggunakan unsur-unsur lokal yang menggambarkan ciri khas dari tradisi dan budaya masyarakat Kalimantan barat dengan tidak meninggalkan filosofi-filosofi yang ada, sarana prasarana, kenyamanan, pencahayaan alami, sehingga terminal bandar udara Pangsuma ini dapat menjadi icon untuk kota Putussibau, Kab. Kapuas Hulu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengguna bandar Udara, Terminal bandar udara Pangsuma, Icon
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 06 Mar 2019 06:29
Last Modified: 06 Mar 2019 06:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17305

Actions (login required)

View Item View Item