PANTI REHABILITASI PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN TINDAK KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DENGAN PENDEKATAN HEALING ENVIRONMENT DI KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA

HERLAMBANG, MEGA JUNITIA (2018) PANTI REHABILITASI PEREMPUAN DAN ANAK KORBAN TINDAK KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA DENGAN PENDEKATAN HEALING ENVIRONMENT DI KABUPATEN BANTUL, YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA14774.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73MB)

Abstract

Kasus kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) di Indonesia, khususnya di Yogyakarta meningkat tajam. Sepanjang tahun 2015 tercatat sebanyak 313 kasus yang menimpa perempuan dan anak – anak. Korban yang mengalami Kekerasan Dalam Rumah Tangga umumnya mengalami trauma mental berkepanjangan yang akan berdampak terhadap kehidupan. Diketahui bahwa pelaku kekerasan biasanya menjadi korban saat mereka masih anak – anak maka dibutuhkan terapi maupun rehabilitasi bagi para korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga guna menghilangkan dan menyembuhkan trauma yang dialami. Penyembuhan melalui rehabilitasi agar korban siap untuk kembali menjalankan kehidupan secara normal, siap menghadapi kerasnya kehidupan dan kemungkinan tindak kekerasan kembali menimpa korban. Perencanaan Panti Rehabilitasi Perempuan dan Anak Korban Tindak Kekerasan Dalam Rumah Tangga berada di Jl. Parangtritis, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta. Panti rehabilitasi bertujuan untuk mewadahi kegiatan rehabilitasi dan pengembangan kreativitas & kemandirian bagi korban kekerasan dalam rumah tangga. Metode yang digunakan dalam perencanaan panti rehabilitasi adalah studi literatur yaitu dengan melakukan studi terhadap teori – teori, metode deskriptif yaitu penguraian data dan informasi yang didapat berkaitan dengan rumusan masalah, lalu analisis yaitu pengolahan data dan informasi yang kemudian dikaitkan dengan literatur, sehingga ditemukan konsep rancangan yang optimal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Rehabilitasi, KDRT, Healing Environment
Subjects: Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Teknologi Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 06 Mar 2019 06:32
Last Modified: 06 Mar 2019 06:32
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17306

Actions (login required)

View Item View Item