LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR REDESAIN TERMINAL ANGKUTAN UMUM DI KOTA TERNATE DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN METAFORA

WUA, NURFANDA SEPTIAWATI J. (2018) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR REDESAIN TERMINAL ANGKUTAN UMUM DI KOTA TERNATE DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN METAFORA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA14633.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Terminal angkutan umum di Kota Ternate adalah salah satu fasilitas trasnportasi yang masih luput dari perhatian pemerintah. Kondisi bangunan gedung, fasilitas, dan alur sirkulasi di dalam terminal tidak memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah setempat. Selain itu, Kota Ternate yang dikenal merupakan kota sejarah dan budaya saat ini mengalami pergeseran budaya akibat masuknya budaya barat. Dampak yang dapat dilihat secara signifikan dalam bentuk arsitektural adalah hilangnya karakteristik arsitektur khas kota Ternate yang digantikan oleh gaya arsitektur moderen. Revitalisasi kawasan terminal angkutan umum dengan mengaplikasikan elemen-elemen arsitektur kota Ternate diharapkan dapat memenuhi standar terminal dan memunculkan kembali karakteristik khas Kota Ternate. Penerapan bentuk-bentuk khas kota pada desain kawasan atau bangunan dan mencerminkan karakteristik kota. Kawasan terminal menekanan pada tata massa dan sirkulasi guna mewujudkan tatanan kawasan serta alur sikulasi yang baik. Pendekatan arsitektur metafora adalah salah satu pendekatan desain yang dilakukan dengan mentrasfer konsep, bentuk, filosofi pada desain bangunan atau kawasan. Pendekatan ini sesuai untuk diterapkan pada desain terminal angkutan umum di Kota Ternate. Perancangan kembali Terminal Angkutan Umum menggunakan pendekatan metafora burung Goheba yang akan diterapkan pada tatanan massa. Permasalahan sirkulasi kendaraan dan manusia akan diselesaikan dengan menggunakan jenis sirkulasi melewati ruang dengan kongfingurasi jalan lurus dan desain sirkulasi yang mengarah langsung pada tujuan serta arah jalan yang segaris dengan sumbu bangunan, membentuk visual yang tegas dengan desain atap bangunan utama menggunakan jenis atap tradisional Maluku Utara sekaligus membentuk bangunan dengan elemen arsitektur tradisional.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terminal Kota Ternate, Sirkulasi, Karakteristik, Arsitektur Metafora
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 06 Mar 2019 06:37
Last Modified: 06 Mar 2019 06:37
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17308

Actions (login required)

View Item View Item