“TRADITIONAL HEALTH CARE” DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGIS LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN

BENITA, GABRIELA LEODA (2018) “TRADITIONAL HEALTH CARE” DI YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR EKOLOGIS LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA15302.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan metode pengobatan tradisional. Metode pengobatan tradisional bahkan telah diakui oleh pemerintah dan diatur dalam peraturan pemerintah, peraturan menteri, dan undang-undang. Pada provinsi DIY khususnya Kabupaten Sleman, terdapat cukup banyak tempat yang menawarkan metode pengobatan tradisional. Hal ini menunjukkan bahwa metode pengobatan tradisional telah diakui dan dipercayai oleh masyarakat Indonesia sebagai bentuk pengobatan alternatif, khususnya masyarakat Yogyakarta. Namun sayangnya sebagian besar tempat yang menawarkan metode pengobatan tradisional di Kabupaten Sleman belum dilengkapi dengan fasilitas yang memadai dan mendukung kenyamanan pengunjung. “Tradisional Health Care di Yogyakarta dengan Pendekatan Arsitektur Ekologis” merupakan suatu tempat yang menawarkan pengobatan dan perawatan tubuh secara tradisional dengan menyediakan fasilitas-fasilitas berupa : fasilitas kebugaran (spa ramuan tradisional, aromaterapi, pijat urut, pijat syaraf, reflexology, akupresur), fasilitas pengobatan (tairopractic, terapi totok syaraf, akupuntur), serta fasilitas pendukung (kedai herbal, kebun tanaman obat, apotek obat herbal, dan tempat parkir). Pada metode pengobatan tradisional, masyarakat turut diajak untuk bergantung kembali pada alam melalui penggunaan ramuan-ramuan herbal. Melalui pendekatan arsitektur ekologis diharapkan para pengguna bangunan dapat merasakan kedekatan dengan lingkungan sekitarnya. Kehadiran lingkungan alam pada desain bangunan juga diharapkan mampu mendukung proses pengobatan yang kondusif. Pendekatan arsitektur ekologis ini akan diterapkan dengan mengolah ruang luar dan ruang dalam bangunan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Traditional Health Care, pengobatan tradisional, arsitektur ekologis
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2019 01:08
Last Modified: 08 Mar 2019 01:08
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17311

Actions (login required)

View Item View Item