LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR RESOR DI GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TROPIS - EKOLOGIS

INDAH, INDAH (2018) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR RESOR DI GUNUNGKIDUL, YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR TROPIS - EKOLOGIS. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA15652.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Wisata merupakan kebutuhan mendasar bagi manusia di zaman yang modern yang merupakan hiburan dari kepenatan akan banyaknya rutinitas dan aktivitas. Indonesia memiliki banyak potensi wisata alam yang dapat memanjakan mata manusia. Tak terkecuali Yogyakarta yang telah terkenal akan wisata alamn serta memiliki potensi wisata alam yang cocok menjadi suatu tempat destinasi, dipastikan dapat memanjakan mata serta pikiran manusia zaman modern yang kurang akan melihat keindahan alam dan mampu memberikan hiburan di tengah hiruk pikuk kota. Terkhusus wisata alam yang terdapat pada Gunungkidul, jejeran pantai di setiap meternya serta wisata alam lain seperti air terjun dan goa dapat dinikmati. Pantai Jungwok, dengan segala potensi alam yang dimiliki, merupakan obyek wisata alam yang mampu memberikan hiburan. Pantai Jungwok memiliki view yang sangat menarik, keadaan air dan sekitar yang bersih dikarenakan belum banyak yang mengetahui pantai tersebut. Akan tetapi, kondisi di Pantai Jungwok, Gunungkidul memiliki tingkat ketersediaan air yang kurang sehingga air yang ada harus dapat dimanfaatkan dengan optimal, tidak hanya air, pemanfaatan energi matahari sebagai sumber energi juga dapat menjadi potensi di daerah tersebut. Pemanfaatan air secara optimal serta energi matahari dapat diterapkan melalui pendekatan Arsitektur Ekologis. Curah hujan yang tinggi di daerah tersebut juga menjadi salah satu faktor yang harus diperhatikan. Hal tersebut dapat diterapkan melalui pendekatan Arsitektur Tropis. Resor adalah sarana akomodasi terkhusus bagi wisatawan untuk dapat menikmati suasana alam yang ada di alam seperti pantai, tebing dan pegunungan. Perancangan resor ini mengutamakan pemanfaatan energi yang ada di sekitar secara maksimal dalam penataan tapak. Selain itu, pendekatan Arsitektur Tropis juga diterapkan pada resor ini dikarenakan curah hujan yang tinggi pada daerah tersebut. Resor tidak meninggalkan aspek dari aksesibilitas serta visibilitas yang mampu membantu memudahkan pelaku/ tamu resor dalam aktivitas pergerakan di resor dan membantu memberikan suatu kualitas view maksimal dari Pantai Jungwok.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Arsitektur Tropis, Arsitektur Ekologis, Resor
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2019 01:15
Last Modified: 08 Mar 2019 01:15
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17314

Actions (login required)

View Item View Item