LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR RUMAH SINGGAH ANAK JALANAN DI BEKASI DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR JENGKI

ASIANI, DESSY (2018) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR RUMAH SINGGAH ANAK JALANAN DI BEKASI DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR JENGKI. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA15745.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Proyek Rumah Singgah Anak Jalanan adalah sebuah bangunan yang berfungsi menampung anak-anak yang hidup di jalanan dengan beragam latarbelakang sehingga mereka dapat melanjutkan kehidupan mereka dengan pembinaan hal-hal positif. Rumah singgah merupakan wadah anak jalanan mengembangkan diri dan menjadi kesempatan untuk mereka mendapatkan perhatian lebih (pendamping dan orang tua angkat dalam pembiayaan) yang kurang mereka dapatkan pada saat mereka berada di jalanan. Rumah singgah pun berperan memberikan kenyamanan bagi anak jalanan untuk bersosialisasi antar sesama anak jalanan dan meningkatkan kembali kepercayaan diri mereka. Pendidikan formal dan non formal (kewirausahaan, didikan agama) juga difasilitasi dalam rumah singgah ini guna melengkapi pembekalan mental kearah yang lebih baik. Permasalahan proyek Rumah Singgah Anak Jalanan di Bekasi ini yaitu Bagaimana wujud ruang komunal Rumah Singgah Anak Jalanan di Bekasi dengan kualitas socializing yang suasana komunikatif, education dengan suasana ekspresif dan dinamis, dan entrepreneurship bersuasana kreatif dalam proses pengembangan diri berekspresi sesuai minat bakat melalui pendekatan arsitektur jengki. Setiap suasana ruang memiliki karakter masing-masing yang dibedakan dari skala dan proporsi, warna, material, ruang, bentuk serta sirkulasi. Rumah Singgah Anak Jalanan di Bekasi ini menggunakan pendekatan Arsitektur Jengki. Diharapkan anak jalanan yang di bina serta pihak yang ikut berperan menciptakan kenyamanan dan saling memotivasi satu sama lain sehingga sama-sama mendukung kemajuan perkembangan diri anak jalanan di dalam ruangruang komunal yang diwujudkan melalui karakter khas jengki dengan suasana komunikatif, ekspresif dan dinamis, serta kreatif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Rumah singgah, anak jalanan, arsitektur jengki
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2019 01:25
Last Modified: 08 Mar 2019 01:25
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17317

Actions (login required)

View Item View Item