LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT EDUKASI DAN REKREASI WISATA BAHARI DI PANTAI HUKURILA, KOTA AMBON

RIRIHENA, VILLONA (2018) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PUSAT EDUKASI DAN REKREASI WISATA BAHARI DI PANTAI HUKURILA, KOTA AMBON. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA15607.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan memiliki perairan terluas dengan panjang garis pantai lebih dari 81.000 km. dengan perairan yang luas tersebut Indonesia menjadi negara yang kaya akan keindahan dan keanekaragaman biota lautnya dan menjadi tujuan wisata para wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara. Hukurila merupakan salah satu pantai yang ada di kota Ambon Maluku yang sangat terkenal dengan keindahan pemandangan bawah laut dan keanekaragaman biota laut yang dimilikinya. Dengan adanya potensi perairan dan tunjangan kondisi alam yang menawarkan keindahan bawah laut ini tentunya pantai Hukurila mempunyai potensi besar untuk dikembangkan dalam sektor pariwisata. Fasilitas berupa Pusat Edukasi dan Rekreasi Wisata Bahari menjadi salah satu jawaban atas permasalahan diatas. Sarana edukasi dan rekreasi ini bertujuan untuk mengenalkan berbagai macam keanekaragaman biota laut dan keindahan pemandangan bawah laut yang ada di pantai Hukurila serta menyebarkan pesan akan kepedulian terhadap keanekaragaman biota laut yang patut untuk dilestarikan. Bangunan Pusat Edukasi dan Rekreasi Wisata Bahari di Pantai Hukurila ini menggunakan pendekatan Arsitektur Metafora. Penggunaan pendekatan Arsitektur Metafora ini bertujuan agar pengunjung dapat merasakan pengalaman meruang ketika memasuki ruang dalam Pusat Edukasi dan Rekreasi Wisata Bahari ini pengunjung dapat merasakan pengalaman menjelajah keanekaragaman biota laut dan cara-cara konservasi biota laut dengan begitu pengunjung dapat belajar lebih jauh mengenai kenanekaragaman biota laut yang ada di Hukurila dan dapat meningkatkan rasa kepedulian terhadap alam bawah laut kepada pengunjung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pusat edukasi dan rekreasi, kenanekaragaman biota laut, arsitektur metafora.
Subjects: Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Penelitian Dosen > Arsitektur > Bangunan Arsitektural
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2019 01:31
Last Modified: 08 Mar 2019 01:31
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17319

Actions (login required)

View Item View Item