LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PENGEMBANGAN PASAR BUAH DAN BUNGA SEBAGAI PASAR WISATA TRADISIONAL DI BERASTAGI, KABUPATEN KARO

SURBAKTI, DRANA FRANANTA (2018) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR PENGEMBANGAN PASAR BUAH DAN BUNGA SEBAGAI PASAR WISATA TRADISIONAL DI BERASTAGI, KABUPATEN KARO. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TA14097.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Undang Undang Dasar 1945 Pasal 32 mengamanatkan bahwa “Negara memajukan Kebudayaan Nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilainilai budayanya” salah satu contoh Budaya Lokal adalah Pasar Tradisional. Perlu diketahui, Pasar Tradisional merupakan salah satu wujud budaya local dan ekonomi rakyat yang dapat menjadi wahana efektif untuk melestarikan kebudayaan. Setiap Pasar Tradisional di Indonesia memiliki sejarah, ciri khas dan keunikan masingmasing yang menjadi Kearifan Lokal suatu daerah. Salah satunya adalah Pasar Buah dan Bunga Berastagi. Kota Berastagi merupakan salah satu dearah witasa di Provinsi Sumatera Utara yang memilki keindahan alam juga penghasil buah dan bunga terbesar di Sumatra Utara. Dari aspek regional seperti Kota lainnya di Indonesia, Kota Berastagi merupakan central place bagi daerah sekitarnya karena besarnya dorongan permintaan dan penawaran dalam kebutuhan buah dan bunga. Besarnya dorongan antara permintaan dan penawaran ini yang tidak seimbang dengan bangunan fisik yang ada untuk mewadahinya. Perkembangan Pasar Buah dan Bunga Berastagi yang terjadi secara spontan dan tidak terencana dengan baik, menyebabkan timbulnya permasalahan serius khususnya yang berkaitan dengan kapasitas dan kualitas ruang. Luapan pedagang yang ada sudah memenuhi jalanjalan disekitar pasar bercampur dengan lalu lintas kendaraan, pejalan kaki, parkir sepeda motor, dan becak. Sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dalam menikmati keindahan yang sebagaimana seharusnya, serta membuat pasar menjadi terlihat sangat sempit dan kumuh dan tidak ada aturan yang mengatur. Melihat potensi dan permasalahan yang ada di Pasar Buah dan Bunga saat ini maka perlu adanya perencanaan ulang Pasar Buah dan Bunga Berastagi sehingga tidak hanya dari segi tatanan fisik yang lebih baik, namun juga mampu mengangkat jumlah wisatawan lokal dan mancanegara untuk datang ke Berastagi sehingga meningkatkan ekonomi lokal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Pasar Wisata Tradisional Buah dan Bunga di Berastagi, Kabupaten Karo
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2019 01:35
Last Modified: 08 Mar 2019 01:35
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17321

Actions (login required)

View Item View Item