STUDI RISIKO YANG DIHADAPI KONTRAKTOR PADA TAHAP PELAKSANAAN PROYEK KONTRUKSI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DAN DI DAERAH JAWA TENGAH

Putra, Ferdhinandus Andre Baskhara (2018) STUDI RISIKO YANG DIHADAPI KONTRAKTOR PADA TAHAP PELAKSANAAN PROYEK KONTRUKSI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DAN DI DAERAH JAWA TENGAH. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TS13851.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Risiko dapat dikatakan merupakan kemungkinan terjadinya peristiwa yang dapat merugikan secara tak terduga. Kegiatan yang telah direncanakan sebaik mungkin, namun tetap mengandung ketidakpastian bahwa kegiatan tersebut nantinya dapat terlaksanakan sepenuhnya sesuai rencana. Para kontraktor sekarang ini semakin menyadari akan pentingnya memperhatikan risiko pada proyek konstruksi, karena kesalahan menangani risiko akan berdampak buruk pada proyek konstruksi. Untuk itu diperlukan manajeman risiko, adalah sebuah cara yang sistematis dalam memandang sebuah risiko dan menentukan dengan tepat penangan risiko. Penelitian ini untuk mengetahui seberapa beda jeni-jenis risiko yang memilki dampak terhadap kontraktor, dan bagamainana cara mengatasi risiko risiko yang memiliki dampak terhadap kontraktor Penelitian ini dilaksanakan melalui penyebaran kuisioner dengan sasaran respondennya adalah pihak kontraktor dan manajemen konstruksi (MK) yang sedang menangani proyek konstruksi di daerah Jawa Tengah dan D. I. Yogyakarta yang dipilih secara acak. Analisis data dilakukan dengan menghitung nilai mean dan nilai standar deviasi untuk mengetahui jenis risiko risiko, dampak risiko, respon risiko, dan metode uji T untuk menentukan seberapa beda jenis risiko risiko pada proyek kontruksi di Daerah Istimewa Yogyakarta dan di daerah Jawa Tengah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa rata-rata nilai mean dari masingmasing pengelolaan berada diantara 1,67-4. Untuk uji T antara klasifikasi risiko risiko pada proyek di Daerah Istimewa Yogyakarta dan risiko risiko proyek di daerah Jawa Tengah tidak memiliki perbedaan yang cukup berarti.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Risiko, proyek konstruksi, frekuensi risiko, dampak risiko, respon risiko
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2019 02:48
Last Modified: 08 Mar 2019 02:48
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17348

Actions (login required)

View Item View Item