ANALISIS MINAT BELI DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK MOBIL BERDASARKAN FAKTOR-FAKTOR COUNTRY OF ORIGIN

Midia, Novita (2010) ANALISIS MINAT BELI DAN PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PRODUK MOBIL BERDASARKAN FAKTOR-FAKTOR COUNTRY OF ORIGIN. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (Halaman Judul)
0EM16015.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab I)
1EM16015.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Bab II)
2EM16015.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (Bab III)
3EM16015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (Bab IV)
4EM16015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img]
Preview
Text (Bab V)
5EM16015.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Sebagian besar masyarakat negara berkembang khususnya Indonesia masih menganggap produk negara luar lebih baik daripada buatan dalam negeri, terutama pada produk otomotif seperti mobil. Konsumen dalam menentukan keputusan pembelian produk-produk tersebut dengan mempertimbangkan pada beberapa aspek country of origin yaitu country of manufacture, country of design, country of assembly dan juga menentukan atribut produk (merek dan harga) sebagai informasi yang berguna untuk menentukan keputusan untuk membeli suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen mengenai merek, harga, negara produksi (country of manufacture), negara perakit (country of assembly) dan negara perancang (country of design) yang berkualitas paling baik dan memiliki minat beli tinggi. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan persepsi kualitas dan minat beli konsumen pada produk mobil ditinjau dari perbedaan usia, pekerjaan, dan pendapatan. Kategori produk yang digunakan adalah mobil penumpang. Responden dalam penelitian ini berjumlah 106 responden, dengan menggunakan teknik judgement / purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis conjoint dan One-Way Anova. Hasil analisis data menunjukkan bahwa faktor yang paling penting dipertimbangkan konsumen dalam pembelian produk mobil adalah merek. Faktor yang paling penting dipertimbangkan konsumen dalam dalam mempersepsikan kualitas produk mobil adalah country of assembling (COA). Terdapat perbedaan persepsi kualitas pada COA ditinjau dari perbedaan pekerjaan dimana pegawai negeri mempersepsikan kualitas mobil COA Thailand lebih baik dari COA Indonesia. Terdapat perbedaan minat beli pada harga dimana pegawai negeri lebih menyukai mobil dengan harga Rp. 197,5 juta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Country of Origin, Minat Beli, Persepsi Kualitas Produk
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 May 2013 11:20
Last Modified: 27 May 2013 11:20
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1737

Actions (login required)

View Item View Item