Personal Branding Berdasarkan Konten Vlog (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Personal Branding Berdasarkan Konten Vlog dari Reza Oktovian Menurut Subscribers)

Pandita, Gilar Surya (2018) Personal Branding Berdasarkan Konten Vlog (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Personal Branding Berdasarkan Konten Vlog dari Reza Oktovian Menurut Subscribers). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04534.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Personal Branding dari Reza Oktovian yang ditinjau dari sisi subscribers. Personal branding merupakan sebuah pengendalian diri dan pengelolaan sebuah proses dalam diri seseorang yang dirancang secara strategis untuk menciptakan sebuah penilaian dari orang lain mengenai suatu pribadi, untuk membantu mencapai sebuah tujuan tertentu (Montoya & Vandehey, 2002 : 7). Penelitian ini akan mengkaji mengenai personal branding yang diasosiasikan oleh subscribers melalui tayangan-tayangan dalam channel You Tube milik Reza Oktovian. Model komunikasi dari Harrol Lasswell menjadi acuan dalam penelitian ini dimana Reza Oktovian menjadi source, muatan pesan di dalam konten-konten vlog dari Reza Oktovian sebagai message, vlog sebagai channel, subscribers Reza Oktovian menjadi receiver, dan Personal Brand sebagai effect. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian deskriptif kualitatif dengan kontenkonten video di dalam channel Reza Oktovian sebagai Objek penelitian dan subscribers dari channel You Tube milik Reza Oktovian sebagai Subjek penelitian. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Data primer dilakukan dengan wawancara terhadap empat orang subscribers kemudian dikonfirmasikan tayangan-tayangan dari channel Reza Oktovian. Berdasarkan dari data yang diterima dari penelitian menghasilkan kesimpulan bahwa konten-konten video dalam channel Reza Oktovian memuat berbagai informasi yang melekatkan dirinya dalam benak seluruh subscribers. Tayangantayangan yang disajikan dalam channel You Tube milik Reza Oktovian memberikan pandangan yang lebih dalam terhadap sosok Reza Oktovian. Dalam pandangan informan, dibalik sikapnya yang memiliki stigma negatif, subscribers yang mengikuti Reza Oktovian sejak lama memberikan pandangan dari sisi lain Reza Oktovian yang ditunjukkan secara implisit di dalam konten videonya. Reza Oktovian merupakan seorang sosok yang kontroversial dengan karakter yang dibawakannya secara eksplisit. Penelitian ini menunjukkan nilai-nilai positif yang terkandung dalam konten-konten yang dibuat oleh Reza Oktovian yang mampu memutar balikkan stigma negatif yang selama ini ditunjukkan oleh Reza Oktovian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Vlog, You Tube.
Subjects: Komunikasi > Public Relations
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2019 03:38
Last Modified: 08 Mar 2019 03:38
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17371

Actions (login required)

View Item View Item