IMPLEMENTASI STRATEGI PROMOSI DINAS KESEHATAN KOTA YOGYAKARTA DALAM MEMBANGUN AWARENESS “POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT” (Studi Deskriptif Kualitatif Implementasi Strategi Promosi Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dalam Membangun Awareness Pola Hidup Bersih dan Sehat bagi Anak Sekolah Dasar)

Novitasari, Monika (2018) IMPLEMENTASI STRATEGI PROMOSI DINAS KESEHATAN KOTA YOGYAKARTA DALAM MEMBANGUN AWARENESS “POLA HIDUP BERSIH DAN SEHAT” (Studi Deskriptif Kualitatif Implementasi Strategi Promosi Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta dalam Membangun Awareness Pola Hidup Bersih dan Sehat bagi Anak Sekolah Dasar). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04347.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan data yang terlampir, kematian tertinggi disebabkan oleh penyakit tidak menular seperti diabetes, jantung, diare,dll. Salah satu pihak yang berwenang adalah Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta. Peneliti bertujuan mengetahui program yang sudah dilakukan oleh pihak Dinas dalam strategi promosi kesehatan PHBS bagi anak sekolah dasar. Teori yang digunakan oleh peneliti yakni Komunikasi, Strategi Promosi Kesehatan, dan Teori Difusi Inovasi. Peneliti menggunakan metode studi deskriptif kualifikatif dengan subyek penelitian terdiri dari Kepala Seksi Bidang Promosi Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, dan 6 anak Sekolah dasar Ungaran 1 Kota Yogyakarta. Pengambilan data untuk penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam, dan pengumpulan dokumen tertulis. Hasil dari penelitian tersebut direduksi data yakni membuang data yang tidak diperlukan, menyajikan data berupa deskriptif, dan menarik kesimpulan dari data tersebut. Peneliti juga melakukan keabsahan data untuk menguji kejujuran subyek peneliti. Melalui hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa program PHBS mempunyai pesan indikator yang meliputi mencuci tangan, membuang sampah pada tempatnya, jajan sehat di kantin sekolah, dll. Media yang digunakan yakni leaflet, mobil keliling, penyebaran CD menggunakan audio. Aktivitas promosi ini menggunakan 1 tahap tidak langsung karena aktivitas promosi yang sedang digalakan melalui penyebaran CD audio. Media ini dipilih karena efisien di segi ekonomi, SDM, dan waktu. Namun pihak Dinas dalam hal ini tidak melakukan evaluasi maupun riset mendalam terkait target sasaran, pemilihan komunikator, maupun pemilihan media. Sehingga dari hasil wawancara didapat bahwa anak – anak SD Ungaran 1 Kota Yogyakarta cukup menguasai beberapa indikator PHBS yang di dapat dari kegiatan Smutlis. Berdasarkan hasil yang didapat diharapkan kedepannya bisa mengevaluasi program dan media, dapat menjadi bahan penelitia lain seperti efektivitas program promosi PHBS di sekolah dasar Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Cuci tangan, Buang sampah pada tempatnya, Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Wawancara
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2019 04:01
Last Modified: 08 Mar 2019 04:01
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17381

Actions (login required)

View Item View Item