RESPON WISATAWAN (ANAK SEKOLAH) TERHADAP KEGIATAN BASIS BUDAYA JAWA DI TEMBI RUMAH BUDAYA YOGYAKARTA DALAM UPAYA MENGENAL BUDAYA

DESINTA, DOROTEA (2018) RESPON WISATAWAN (ANAK SEKOLAH) TERHADAP KEGIATAN BASIS BUDAYA JAWA DI TEMBI RUMAH BUDAYA YOGYAKARTA DALAM UPAYA MENGENAL BUDAYA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
SOS04511.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pengenalan budaya yang menjadi jati diri dan sistem nilai sebuah bangsa haruslah dikenalkan sejak usia dini di bangku sekolah melalui kegiatan yang berbasis budaya. Kegiatan Basis Budaya ini artinya kegiatan memberikan alternatif dan gerakan kesadaran akan sistem nilai dari konsep kegiatan itu sendiri, yaitu kegiatan yang berdasarkan pada proses kegiatan terhadap kebutuhan dan realitas masyarakat terhadap budaya yang dinamis namun tetap tidak mengingkari jati diri budaya itu sendiri. Tembi Rumah Budaya sebagai lembaga yang berfokus pada dokumentasi dan pengkajian budaya Jawa, dimana Tembi memiliki program kegiatan berbasis budaya yang diharapkan mampu menumbuhkan minat belajar tentang kebudayaan Jawa yaitu melalui kegiatan wisata budaya dan kunjungan museum. Kegiatan wisata budaya ialah kegiatan belajar gamelan atau karawitan, menari jawa, memasak menggunakan luweng (tungku), melukis wayang serta matah topeng. Sedangkan kunjungan museum ialah mengunjungi museum, berkeliling di dalam kawasan Tembi Rumah Budaya Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan di Tembi Rumah Budaya Yogyakarta. Penelitian ini melibatkan wisatawan Tembi rumah Budaya, dalam penelitian ini yang menjadi sasaran ialah anak sekolah dengan strata menengah atas yang mana sekolahnya berasal dari Yogyakarta. Analisa data yang digunakan adalah analisis tabulasi frekuensi untuk melihat respon dari wisatawan. Hasil penelitian ini menunjukkan respon wisatawan yang tinggi terhadap kegiatan berbasis budaya di Tembi Rumah Budaya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Respon wisatawan, Kegiatan berbasis budaya
Subjects: Sosiologi > Business
Divisions: Fakultas ISIP > Sosiologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 08 Mar 2019 04:18
Last Modified: 08 Mar 2019 04:18
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17387

Actions (login required)

View Item View Item