EVIONA, YESSICA (2018) RISET PASAR DI UKM BAKPIA YESSICA YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.
Text (YESSICA EVIONA)
TI07404 .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Bakpia Yessica merupakan usaha kecil menengah (UKM) yang menjual bakpia di Jalan Purwodiningratan NG. I/734 Yogyakarta. Banyaknya pesaing di sekitar membuat pemilik usaha Bakpia Yessica ingin meningkatkan penjualannya melalui keunggulan kompetitif di bidang pemasaran agar mampu bersaing dengan yang lain. Untuk itu, diperlukan suatu riset pemasaran di Bakpia Yessica tersebut. Tujuan dari penellitian ini adalah mendapatkan hasil analisis minat pasar terhadap produk bakpia di UKM Bakpia Yessica. Riset pasar dilakukan dengan menggunakan Lembar Kerja untuk menjabarkan target konsumen, menetapkan hipotesis yang kemudian diuji dengan mempertimbangkan data sekunder dari berbagai sumber yang terkait dengan tingkat kompetisi industri bakpia. Hipotesis awal yaitu produk Bakpia Yesica mampu bersaing dengan produk kompetitor. Pertanyaan di dalam kuesioner akan menangkap minat pasar terhadap produk Bakpia Yessica. Penyebaran kuesioner dilakukan terhadap 120 responden yang terdiri dari masyarakat dan wisatawan yang ada di kota Yogyakarta. Metode analisis dilakukan melalui analisis tren, analisis similaritas, analisis kontradiksi, dan analisis odd groupings terhadap data primer. Hasil analisis minat pasar dari penelitian ini yaitu diketahui bahwa 100% responden mengetahui produk bakpia, tetapi responden yang mengenal Bakpia Yessica hanya sebesar 32,5%. Melalui sampel bakpia yang diberikan ketika penyebaran kuesioner, terdapat 59% responden menyatakan lebih menyukai sampel bakpia A yang merupakan produk bakpia dari Bakpia Yessica. Varian rasa bakpia yang paling disukai yaitu rasa kacang hijau sebesar 40,83%. Varian rasa baru bakpia yang ingin dicoba yaitu rasa kacang tanah dengan campuran rasa cokelat sebesar 25,83%. Terdapat 81,67% responden yang menyatakan isi bakpia yang cocok dijadikan oleh-oleh yaitu berjumlah 20 biji tiap kemasan. Harga 1 kotak bakpia (isi 20 biji) di pasaran yaitu >Rp 25.000-Rp 35.000 sebesar 56,67%. Sebesar 74,56% responden memilih kemasan A sebagai inovasi kemasan pada produk bakpia. Cara yang paling efektif untuk memasarkan bakpia yaitu melalui media sosial sebesar 42,5%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bakpia, UKM, kuesioner, lembar kerja, riset pasar |
Subjects: | Teknik Industri > Sistem Kerja |
Divisions: | Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri |
Depositing User: | Lia natanaelia utami |
Date Deposited: | 08 Mar 2019 05:03 |
Last Modified: | 08 Mar 2019 05:03 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17394 |
Actions (login required)
View Item |