LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR DISUSUN OLEH: PROGRAM STUDI ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA 2019 KEBUN RAYA BOTANI DI KABUPATEN SLEMAN

Jhonson, Jhonson (2019) LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR DISUSUN OLEH: PROGRAM STUDI ARSITEKTUR FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA 2019 KEBUN RAYA BOTANI DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, UAJY.

[img]
Preview
Text (HALAMAN AWAL)
TA156200.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
TA156201.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
TA156202.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB III)
TA156203.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB IV)
TA156204.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text (BAB V)
TA156205.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img]
Preview
Text (BAB VI)
TA156206.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Ibarat Bank yang mewadahi kekayaan melimpah, Kebun Raya Botani memiliki tujuan untuk mewadahi tumbuhan-tumbuhan Indonesia yang juga mencerminkan identitas daerahnya. Kebun Raya Botani adalah suatu wadah yang menyimpan tumbuhan sebagai cadangan sumber alam bukan pada habitat aslinya. Kebun Raya Botani merupakan salah satu bentuk alternatif dalam mencadangkan sumber daya alam yang melimpah Kebun Raya Botani muncul sebagai reaksi atas sumber alam yang semakin berkurang. Saat ini Indonesia merupakan negara dengan peringkat ke 3 didunia memiliki keanekaragaman hayati terbesar, namun juga menduduki peringkat ke-5 pada dunia dalam jumlah tumbuhan terancam punah. Kehilangan keanekaragaman hayati ini akan merugikan pembangunan nasional di semua bidang. Hal ini semua disebabkan oleh masyarakat sendiri karena kurangnya pengetahuan dan kesadaran akan lingkungan. Oleh karena itu Kebun Raya mengangkat tema ekowisata , ramah lingkungan dan arsitektur organik sebagai respon pada integritas bangunan, lingkungan dan manusia sendiri Arsitektur Organik merupakan implementasi pada kepedulian lingkungan. Metode penyatuan desain bangunan dengan lingkungan diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk mengenal, mendalami, dan melebur terhadap pengetahuan akan tumbuhan yang dapat diimplementasikan pada pelestarianya. Untuk mengoptimalkan Arsitektur organik dalam kepedulian lingkungan, perancangan bangunan arsitektur organik dibuktikan secara nyata sebagai bangunan ramah lingkungan sehingga mengajak masyarakat untuk ikut peduli terhadap lingkungan. Masyarakat modern menyukai hal-hal rekreatif direspon dengan Tema Ekowisata untuk berkujung kepada hal yang berbau alam yang juga mencirikan identitas Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan tiap ciri khas kabupaten pada D.I.Y. Ciri khas ini berupa Tanaman endemik dan ekowisata yang ada pada tiap kabupaten sehinga mengajak masyarakat untuk berpatisipasi aktif dalam melestarikan lingkungan sehingga sifat akan kepedulian lingkungan dapat tertanam pada setiap pribadi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kebun Raya Botani, Arsitektur Organik, Ramah Lingkungan, Tema Ekowisata
Subjects: Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Penelitian Dosen > Arsitektur > Lingkungan Kawasan
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Arsitektur
Depositing User: editor2 dua uajy
Date Deposited: 12 Mar 2019 02:55
Last Modified: 12 Mar 2019 02:55
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17467

Actions (login required)

View Item View Item