EVALUASI KINERJA RUAS JALAN MALIOBORO YOGYAKARTA

Sebayang, Rika Arjuni Br (2011) EVALUASI KINERJA RUAS JALAN MALIOBORO YOGYAKARTA. S1 thesis, UAJY.

[img] Text (Halaman Judul)
0TS12397.pdf

Download (598Kb)
[img] Text (Bab I)
1TS12397.pdf

Download (516Kb)
[img] Text (Bab II)
2TS12397.pdf

Download (84Kb)
[img] Text (Bab III)
3TS12397.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240Kb)
[img] Text (Bab IV)
4TS12397.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193Kb)
[img] Text (Bab V)
5TS12397.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386Kb)
[img] Text (Bab VI)
6TS12397.pdf

Download (118Kb)

Abstract

Menurut Manual Kapasitas Jalan Indonesia, 1997 untuk memeperoleh perilaku lalu lintas yang diinginkan berkaitan dengan kapasitas, kecepatan dan sebagainya. Adapun cara yang paling cepat untuk menilai hasilnya adalah dengan melihat derajat kejenuhan dari segmen Jalan tersebut. Jika derajat kejenuhan yang diperoleh terlalu tinggi (DS>0,75), maka ruas Jalan tersebut perlu dilakukan pembenahan atau penataan kembali. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada tanggal 25 Desember 2010 dan 26 Desember 2010 jam 18.00-21.00, maka setelah di analisis dan diperoleh arus lalu lintas Jalan Malioboro tersebut sebesar 2351,6 Smp/jam, sedangkan kapasitas Jalan Malioboro 2805 maka dapat diperoleh nilai derajat kejenuhannya yaitu 0,836. Untuk analisis kecepatan digunakan metode following car method dan diperoleh waktu tempuh rata-rata 29,55 detik, waktu henti rata rata 0,68 detik, kecepatan perjalanan rata rata 12,19 km/jam dan kecepatan bergerak rata rata 10,10 km/jam. Oleh karena itu dilakukan analisis karakteristik aliran lalu lintas dan di peroleh hasil nilai arus maksimum 7905kend/km/2lajur terjadi pada kondisi kepadatan 962 kend/km/2 jalur dan bergerak dengan kecepatan 43,87 km/jam. Dari hasil penelitian diketahui bahwa derajat kejenuhan ruas Jalan Malioboro adalah 0,836. Oleh karena itu disarankan untuk menurunkan derajat kejenuhan tersebut. Adapun cara yang di tempuh untuk menurunkan derajat kejenuhan tersebut adalah menetapkan batas kecepatan pada ruas Jalan Malioboro dan pengaturan lalu lintas disempurnakan seperti penambahan rambu-lalu lintas dan marka jalan. Untuk menaikkan kecepatan yang ada ruas Jalan Malioboro yaitu dengan cara mengurangi faktor tundaan. Adapun cara untuk mengurangi tundaan yaitu dengan cara memperbaiki geometrik jalan dan kondisi lalu lintas di ruas Jalan Malioboro. Setelah dilakukan penelitian karakteristik aliran lalu lintas maka, diproleh grafik Hubungan matematis antara aliran kepadatan, aliran kecepatan dan kecepatan dan kepadatan. Oleh karena itu aliran yang tepat untuk ruas Jalan Malioboro tersebut adalah aliran kecepatan dan kepadatan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kapasitas, Kecepatan, Derajat Kejenuhan dan Karakteristik aliran
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 May 2013 11:41
Last Modified: 27 May 2013 11:41
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/1748

Actions (login required)

View Item View Item