PENGARUH KUALITAS AKUN INSTAGRAM @EXPLOREJOGJA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KE TEMPAT WISATA DI YOGYAKARTA (Studi Pada Follower Akun Instagram @explorejogja)

TATODA, SERLY ROSILINA (2018) PENGARUH KUALITAS AKUN INSTAGRAM @EXPLOREJOGJA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KE TEMPAT WISATA DI YOGYAKARTA (Studi Pada Follower Akun Instagram @explorejogja). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
KOM04440.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas instagram pada akun @explorejogja terhadap minat berkunjung followers @explorejogja ke tempat wisata yang ada di Yogyakarta, sehingga teori yang digunakan adalah teori uses and effect theory, new media, media sosial, online engagement, menilai kualitas akun Instagram, minat, dan teori AIDDA. Kualitas akun Instagram yang memiliki kriteria caption, hastag, lokasi, follower, like, comment, dan mention (Atmoko, 2012) digunakan untuk mengukur pengaruhnya terhadap minat yakni kecenderungan untuk memberikan perhatian dan bertindak terhadap orang, aktivitas atau situasi yang menjadi objek dari minat tersebut dengan disertai perasaan senang (Saleh, 2004:262) dengan pendekatan AIDDA (attention, interest, desire, decision, dan action) (Effendy, 2003). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei, di mana penulis membagikan kuesioner kepada sample yang dipilih yakni sejumlah 100 responden yang merupakan followers dari akun Instagram @explorejogja. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat atau tidaknya pengaruh yang signifikan kualitas akun instagram @explorejogja terhadap minat berkunjung followers ke tempat wisata di Yogyakarta. Teknik pengukuran data yang digunakan adalah skala Guttman, sedangkan analisis data yang digunakan adalah Analisis Regresi Sederhana. Berdasarkan uji validitas dan reliabilitas seluruh instrumen variabel kualitas akun Instagram dan minat berkunjung dinyatakan valid dan reliabel. Data yang ditemukan menunjukkan responden yang didominasi oleh jenis kelamin perempuan, rentang usia 19-24 tahun, pendidikan terakhir perguruan tinggi, pekerjaan mahasiswa, total pemasukan <1jt memiliki nilai variabel kualitas akun Instagram yang didominasi oleh kelas rendah sebesar 42% dan variabel minat berkunjung yang didominasi oleh kelas tinggi sebesar 70% dari total responden. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan nilai R sebesar 0,144 dan nilai R square 0,021 yang dapat diartikan pengaruh kualitas akun Instagram terhadap minat berkunjung adalah sangat rendah dan hanya memiliki pengaruh sebesar 2,1%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak ada pengaruh yang signifikan kualitas akun instagram @explorejogja terhadap minat berkunjung followers ke tempat wisata di Yogyakarta. Penulis mengharapkan penelitian ini bisa dijadikan acuan dalam menjadi referensi dan masukan bagi perkembangan komunikasi massa khususnya yang berkaitan dengan new media dalam upaya meningkatkan maupun menciptakan minat pada khalayak. Selain itu penelitian selanjutnya diharap menggunakan hal selain kualitas akun Instagram sehingga diketahui hal manakah yang lebih efektif dalam upaya meningkatkan minat berkunjung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kualitas akun, minat berkunjung, Instagram, followers, Yogyakarta
Subjects: Komunikasi > Advertising
Divisions: Fakultas ISIP > Ilmu komunikasi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Mar 2019 02:21
Last Modified: 18 Mar 2019 02:21
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17626

Actions (login required)

View Item View Item