EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) SEBAGAI DASAR PENENTUAN PERBAIKAN JALAN (STUDI KASUS : JALAN SORONG-MAYBRAT, KAMPUNG KLAMONO, PAPUA BARAT)

Sagrim, Frithson Yosua Otges (2018) EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI) SEBAGAI DASAR PENENTUAN PERBAIKAN JALAN (STUDI KASUS : JALAN SORONG-MAYBRAT, KAMPUNG KLAMONO, PAPUA BARAT). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TS14015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Jalan raya merupakan salah satu prasarana transportasi darat yang sangat penting dalam aspek kegiatan manusia sehingga kondisi jalan diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna prasarana jalan raya. Namun sering meningkatnya jumlah penduduk di daerah kabupaten sorong, maka kebutuhan sarana transportasi juga meningkat sehingga menyebabkan terjadinya penurunan kualitas jalan raya yang berdampak pada kerusakan jalan yang diakibatkan oleh jalan yang terbebani volume lalu lintas yang tinggi secara berulang-ulang. Penelitian ini dilakukan pada ruas jalan Sorong-Maybrat,Kampung Klamono yang bertujuan untuk mengetahui kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis dan tingkat kerusakan jalan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) untuk dijadikan acuan pengambilan keputusan dalam melakukan perbaikan kerusakan pada jalan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan cara menentukan sempel yang akan diteliti yaitu dengan panjang ruas 1 km, kemudian dibagi menjadi 100 m per sampel unit/segmen sehingga diperoleh 10 sampel unit/segmen. Setelah itu dilakukan penelitian jenis dan tingkat kerusakan jalan per segmen unit dan di ukur luasan kerusakanya. Kemudian dilakukan analisis data untuk mendapatkan nilai pavement condition index (PCI) dari data jenis, tingkatan dan luasan kerusakan yang diperoleh dari lokasi penelitian. Berdasarkan hasil penelitian ini, tingkat kerusakan perkerasan lentur yang terjadi pada Jalan Sorong-Maybrat, adalah 7 jenis kerusakan yaitu retak kulit buaya, retak memanjang/melintang, cacat tepi perkerasan, tambalan, lubang, alur, dan sungkur. Nilai pavement condition index (PCI) rerata keseluruhan sebesar 327 dengan kondisi sedang (fair) sehingga alternatif perbaikan yang sesuai dengan kondisi kerusakan adalah melakukan perbaikan dan pemeliharaan per segmen unit dengan mengacu pada Metode Perbaikan Standar Direktorat Jendral Bina Marga 1995.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kerusakan Perkerasan, Pavement Condition Index, Penanganan Kerusakan
Subjects: Sipil > Manajemen Konstruksi
Sipil > Manajemen Konstruksi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Mar 2019 03:58
Last Modified: 18 Mar 2019 03:58
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17636

Actions (login required)

View Item View Item