PERTUMBUHAN Daphnia magna PADA MEDIA LIMBAH LELE DUMBO (Clarias gariepinus Burchell, 1822) DAN VARIASI LIMBAH KULIT PISANG AMBON (Musa paradisiaca var. sapientum (L.) Kunt.)

Himber, Tirsa Apriliani (2019) PERTUMBUHAN Daphnia magna PADA MEDIA LIMBAH LELE DUMBO (Clarias gariepinus Burchell, 1822) DAN VARIASI LIMBAH KULIT PISANG AMBON (Musa paradisiaca var. sapientum (L.) Kunt.). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
BL01515.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Daphnia magna merupakan hewan Crustacea atau sering disebut udang renik, umumnya hidup diperairan tawar yang sering digunakan sebagai sumber pakan alami untuk ikan jenis air tawar, karena memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Saat ini Daphnia magna mulai sulit didapatkan dialam sehingga perlu dilakukan budidaya. Permasalahan dalam membudidayakan Daphnia magna adalah penggunaan sumber nutrien yang baik untuk pertumbuhan populasi Daphnia magna. Limbah adalah bahan sisa suatu produksi yang tidak digunakan dan akan berdampak negatif jika tidak dikelola dengan baik. Nutrien yang dapat digunakan adalah air buangan (limbah) ikan lele dumbo dan kulit pisang Ambon dapat digunakan sebagai nutrisi dalam pertumbuhan Daphnia magna. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui nutrien yang tepat untuk pertumbuhan Daphnia magna. Penelitian ini menggunakan rancanan acak lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan variasi dosis kulit pisang Ambon (3 g/l, 6 g/l dan 9 g/l) yang ditambahkan ke dalam media air limbah lele dumbo dan 1 perlakuan kontrol dengan tiga kali pengulangan. Media budidaya dengan setiap perlakuan yang berbeda berpengaruh terhadap pertumbuhan populasi Daphnia magna. Pertumbuhan populasi Daphnia magna dalam media kultur yang memberikan hasil terbaik yaitu media pada perlakuan penambahan kulit pisang Ambon dengan dosis 6 g/l ke dalam air limbah lele dumbo, karena dapat meningkatkan jumlah populasi yang signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknobiologi > Tekno Lingkungan
Divisions: Fakultas Teknobiologi > Biologi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 18 Mar 2019 06:34
Last Modified: 18 Mar 2019 06:34
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17663

Actions (login required)

View Item View Item