PENGARUH SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH, PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DAN AKSESIBILITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN BARITO TIMUR

Eltiana, Essy (2018) PENGARUH SISTEM AKUNTANSI KEUANGAN DAERAH, PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN DAN AKSESIBILITAS LAPORAN KEUANGAN DAERAH TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH KABUPATEN BARITO TIMUR. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EA21156.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kembali penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Lewier (2016) dan Rahmatia (2016) dengan objek yang berbeda. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah, sedangkan variabel independennya adalah Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Penyajian Laporan Keuangan dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Daerah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan menggunakan kuesioner. Respondennya adalah pejabat dan staff pengelola keuangan daerah pada Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Barito Timur sebanyak 143 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan model regresi berganda dengan bantuan software SPSS versi 16.0. Kesimpulan penelitian ini adalah sistem akuntansi keuangan daerah dan penyajian laporan keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Aksesibilitas laporan keuangan daerah tidak berpengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Sistem akuntansi keuangan daerah, penyajian laporan keuangan dan aksesibilitas laporan keuangan daerah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sistem Akuntansi Keuangan Daerah, Penyajian Laporan Keuangan, Aksesibilitas Laporan Keuangan Daerah, Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah.
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Mar 2019 03:02
Last Modified: 27 Mar 2019 03:02
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17767

Actions (login required)

View Item View Item