PENGARUH STRATEGI PEMASARAN HIJAU TERHADAP KINERJA BISNIS PENGUSAHA DI KOTA MAGELANG

Yermia, Ana Lea Intan Wahyu (2018) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN HIJAU TERHADAP KINERJA BISNIS PENGUSAHA DI KOTA MAGELANG. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
EM21255.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan mengenai dan strategi pemasaran hijau mulai banyak digunakan oleh pemasar untuk memasarkan produknya. Di Indonesia masih banyak nya pengusaha yang melakukan proses produksi dan tidak memperhatikan aspek lingkungan, hal ini menjadikan perspektif negatif di masyarakat. Proses pembuangan limbah yang tidak melalui proses pengolahan dapat mengakibatkan dampak buruk seperti masalah kesehatan, dan masalah lingkungan. Perspektif negatif di masyarakat dapat mengakitbatkan citra perusahaan menjadi buruk. Dan kinerja bisnis dapat menjadi tolok ukur bagi manajemen perusahaan dalam menentukan kebijakan perusahaan yang akan di terapkan supaya efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Pengaruh Strategi Pemasaran Hijau terhadap Citra Perusahaan, (2) Pengaruh Strategi Pemasaran Hijau terhadap Kinerja Bisnis dan (3) Pengaruh Citra Perusahaan terhadap Kinerja Bisnis. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini, adalah dengan menggunakan kuesioner dan membagikan kuesioner kepada pengusaha yang ada di Kota Magelang sebanyak 75 pengusaha, Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana, dan uji mediasi oleh Baron dan Kenny, uji F dan Uji T. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Strategi pemasaran hijau berpengaruh positif signifikan terhadap citra perusahaan dengan koefisien regresi sebesar 0,540 pada signifikansi 0.000, (2) strategi pemasaran hijau berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja bisnis dengan koefisien regresi sebesar 0.560 pada signifikansi 0.000, dan (3) citra perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja bisnis dengan koefisien regresi sebesar 0.642 pada signifikansi 0.000. Dan citra perusahaan merupakan variabel mediator.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Hijau, Citra Perusahaan, Kinerja Bisnis
Subjects: Manajemen > Pemasaran
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 27 Mar 2019 04:29
Last Modified: 27 Mar 2019 04:29
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17794

Actions (login required)

View Item View Item