ANALISIS KECELAKAAN DITINJAU DARI FAKTOR KELENGKAPAN FASILITAS JALAN DAN GEOMETRIK (Studi Kasus di Jalan Kebon Agung Penggal Cebongan – Seyegan dari Sta 12+300 – Sta 13+800 Seyegan, Sleman, Yogyakarta)

S., Sigit (2018) ANALISIS KECELAKAAN DITINJAU DARI FAKTOR KELENGKAPAN FASILITAS JALAN DAN GEOMETRIK (Studi Kasus di Jalan Kebon Agung Penggal Cebongan – Seyegan dari Sta 12+300 – Sta 13+800 Seyegan, Sleman, Yogyakarta). S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TS14750.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Jumlah penduduk dari tahun ke tahun terus bertambah, maka semakin banyak aktifitas masyarakat yang dilakukan. peningkatan tersebut menyebabkan kondisi lalu lintas yang sibuk, kepadatan arus lalu lintas dan berujung pada angka kecelakaan terus bertambah. Vitalnya fungsi jalan perlu adanya pertimbangan dalam perancangannya. Penelitian ini dilakukan pada ruas Jalan Kebon Agung penggal Cebongan – Seyegan dari sta 12+300 – sta 13+800 Seyegan, Sleman, Yogyakarta karena menurut data sekunder yang diperoleh, pada ruas jalan tersebut angka kecelakaan cukup tinggi. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui sebab dan faktor pengaruh terjadinya kecelakaan, sekaligus memberikan pemecahan masalah berupa saran perbaikan kelengkapan fasilitas dan perencanaan ulang geometrik jalan yang diperuntukan kepada pemerintah dalam bidang pengelola jalan. Penelitian ini dilakukan dengan langkah awal menghitung jumlah rambu dan marka jalan serta kondisinya, mengukur lebar jalan dan bahu jalan, mendata tikungan, jarak pandang, dan pemakaian tanah sekitar ruas jalan. Selanjutnya mengidentifikasi titik dengan jumlah kejadian kecelakaan terbanyak, kemudian melakukan survei volume kendaraan dan kecepatan berdasarkan pencacahan jenis kendaraan yang sudah ditentukan. Setelah data primer dan data sekunder dari instansi terkait terkumpul, dilakukan evaluasi geometrik jalan menggunakan metode analisis data berpedoman pada TPGJAK (Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota) Tahun 1997. Titik dengan jumlah kejadian kecelakaan terbanyak Jalan Kebon Agung dari sta 12+300 – sta 13+800 terletak pada sta 13+150 – sta 13+200 berjumlah 15 kejadian kecelakaan (2014 – 2017). Jenis kendaraan sepeda motor (MC) selalu terlibat dalam kejadian kecelakaan tersebut, sehingga kecepatan rencana (Vr) menggunakan kecepatan sepeda motor yaitu 45 km/jam. Demi usaha menekan angka kecelakaan, maka penulis menyarankan untuk adanya perbaikan kelengkapan fasilitas jalan dan melakukan perubahan alinyemen horizontal pada tikungan Sta 13+175. Sudut tikungan (Δ) yang semula 87,425º menjadi Δ = 80º dan jari-jari tikungan (R) yang semula 51 m menjadi R = 70 m supaya tikungan tidak terlalu tajam, sehingga para pengguna jalan dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Jumlah kejadian kecelakaan, Sepeda motor (MC), Fasilitas jalan, Geometrik jalan.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Mar 2019 02:57
Last Modified: 28 Mar 2019 02:57
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17829

Actions (login required)

View Item View Item