Yudhiatmika, I Made Agus (2018) EVALUASI KINERJA SIMPANG EMPAT TAK BERSINYAL (Studi Kasus Simpang Empat Jalan Uluwatu - Jalan Bali cliff - Jalan Pantai Balangan, Kuta Selatan, Badung, Bali). S1 thesis, UAJY.
Text
TS14813.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kebutuhan transportasi menyebabkan peningkatan arus lalu lintas pada ruas jalan di Jalan Uluwatu - Jalan Bali cliff - Jalan Pantai Balangan maka sering terjadi konflik seperti kemacetan terutama daerah – daerah simpang. Persimpangan Jalan Uluwatu - Jalan Bali cliff - Jalan Pantai Balangan adalah simpang tanpa sinyal yang berada pada daerah pertokoan dan pemukiman dengan kondisi mobilitas tinggi menyebabkan kendaraan yang memasuki simpang mengalami tundaan dan mengakibatkan kemacetan. Pengambilan data arus lalu lintas ( kondisi geometrik simpang, kondisi lingkungan, volume lalu lintas, jumlah pendekat, dan klasifikasi kendaraan) dilakukan selama tiga hari pada jam – jam puncak yang mewakili hari - hari lainnya. Pelaksanaan pengambilan data arus lalu lintas kendaraan untuk mewakili hari libur yaitu pada hari Sabtu tanggal 23 Desember 2017 pada pukul 06.00 – 08.00 WITA, 12.00 – 14.00 WITA, 16.00 – 18.00 WITA. Untuk mewakili hari kerja yaitu pada hari Senin tanggal 18 Desember 2017 dan hari Rabu tanggal 20 Desember 2017 pada pukul 06.00 – 08.00 WITA, 12.00 – 14.00 WITA, 16.00 – 18.00 WITA. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kondisi simpang saat ini kurang mampu melayani arus lalu lintas yang keluar masuk simpang, hal ini ditunjukkan dengan volume kendaraan 2180,60 smp/jam, derajat kejenuhan yang di dapatkan DS = 0,8077. Perbaikan simpang masih bisa dilakukan dengan mengurangi hambatan samping, volume kendaraan 2180,60 smp/jam, derajat kejenuhan menjadi DS = 0,695. Untuk mengurangi terjadinya konflik maka dilakukan pengalihan kendaraan bus dan truk dari arah selatan Jalan Uluwatu bagian selatan dialihkan ke Jalan Taman Paradise yang akan memasuki Jalan Balangan dengan hasil yang di dapat volume kendaraan 2171,5 smp/jam dan DS = 0,8043 supaya kinerja simpang lebih baik dilakukan larangan berhenti dan pengalihan jalur untuk bus dan truk diperoleh volume kendaraan 2171,5 smp/jam dan derajat kejenuhan DS = 0.6921.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Simpang, kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan, peluang antrian |
Subjects: | Sipil > Transportasi Sipil > Transportasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil |
Depositing User: | Editor UAJY |
Date Deposited: | 28 Mar 2019 02:59 |
Last Modified: | 28 Mar 2019 02:59 |
URI: | http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17830 |
Actions (login required)
View Item |