EVALUASI KINERJA STASIUN SOLO BALAPAN BERDASARKAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL

Ekaristi, Mahanovena Bagaskara (2018) EVALUASI KINERJA STASIUN SOLO BALAPAN BERDASARKAN STANDAR PELAYANAN MINIMAL. S1 thesis, UAJY.

[img] Text
TS15383.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Stasiun Solo Balapan yang merupakan stasiun besar di Surakarta belum memiliki beberapa fasilitas seperti stiker yang menunjukan prosedur evakuasi, jumlah kursi yang tidak sesuai dengan jumlah pengguna jasa di ruang boarding, fasilitas khusus bagi penumpang difabel saat hendak naik/turun dari kereta serta CCTV yang tidak seluruhnya dimanfaatkan oleh pihak stasiun, ruang tunggu stasiun yang berbatasan dengan ruang parkir yang tidak seleruhnya terlindungi dari hujan sehingga menimbulkan bau dan kotor. Adapun tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk melakukan analisis kinerja terhadap pelayanan dan fasilitas dalam menentukan kepuasan pengguna jasa stasiun, membandingkan pelayanan dan fasilitas Stasiun Solo Balapan dengan Standar Pelayanan Minimum yang sudah ditetapkan sesuai dengan Peraturan Menteri No. 48 Tahun 2015, dan memberikan informasi kepada pihak stasiun mengenai fasilitas yang perlu dibenahi untuk meningkatkan kinerja stasiun. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk memberikan masukan kepada Stasiun Solo Balapan agar kualitas pelayanan dan fasilitas yang ada dapat ditingkatkan, serta memberikan masukan kepada PT. KAI DAOP VI Yogyakarta mengenai kinerja Stasiun Solo Balapan terhadap tingkat pelayanan dan fasilitas di sasiun. Penelitian ini dilakukan dengan cara pengamatan langsung di lapangan mengenai kinerja stasiun khususnya pada bagian pelayanan dan fasilitas yang tersedia, selanjutnya penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada 100 pengguna jasa di stasiun terutama pengguna jasa di wilayah kerja/area Stasiun Solo Balapan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kepuasan pengguna jasa Stasiun Solo Balapan terhadap pelayanan dan fasilitas yang tersedia. Beberapa data yang diperoleh pada penelitian ini antara lain data mengenai volume penumpang dan volume barang di Stasiun Solo Balapan pada bulan Mei 2018, jumlah kereta yang berhenti dan berjalan langsung, serta data lain yang sekiranya diperlukan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini didapatkan angka kredit Stasiun Solo Balapan sebesar 77,15 sehingga Stasiun Solo Balapan diklasifikasikan sebagai stasiun besar. Penelitian ini juga menunjukkan tingkat kesesuaian kinerja Staisiun Solo Balapan berdasarakan Standar Pelayanan Minimum yang telah ditentukan menurut Peraturan Menteri Perhubungan No. 48 Tahun 2015. Dari penelitian ini diperoleh dapat diketahui bahwa belum adanya prosedur evakuasi, tidak adanya kursi pada ruang boarding, ketersediaan ramp dengan kemiringan 9,96°, tersedianya toilet khusus bagi penyandang difabilitas, ruang tunggu dengan dengan luas 1 m² yang dianggap sudah sesuai dengan peraturan, selisih tinggi peron dan lantai kereta yang cukup besar apabila kereta berhenti di peron rendah, serta CCTV yang tidak seluruhnya dimanfaatkan oleh pihak Stasiun Solo Balapan. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pengguna jasa di Stasiun Solo Balapan sudah merasa puas dengan pelayanan dan fasilitas yang ada. Dari hasil penelitian ini juga dperoleh beberapa atribut pelayanan dan fasilitas yang dianggap penting dan telah memenuhi harapan oleh pengguna jasa, beberapa diantaranya adalah pengguna jasa dapat dengan mudah memperoleh informasi dan fasilitas keselamatan, dan ketersediaan peralatan P3K, ketersediaan kursi roda bagi penyandang difabel serta kenyamanan dan kebersihan musholla di dalam stasiun. Saran yang dapat digunakan sebagai bahan untuk meningkatkan kinerja stasiun adalah menyediakan prosedur evakuasi di tempat yang mudah terlihat dan terjangkau, menambah jumlah kursi pada ruang boarding, menyediakan peralatan khusus bagi penyandang difabel saat hendak naik/turun dari kereta, serta memanfaatkan CCTV yang ada, serta mengurangi kinerja pada atribut yang dianggap kurang penting dan berlebihan sehingga dana yang ada dapat dialokasikan ke atribut yang lain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Standar Pelayanan Minimal, Pelayanan, Fasilitas, Kepuasan.
Subjects: Sipil > Transportasi
Sipil > Transportasi
Divisions: Fakultas Teknik > Program Studi Teknik Sipil
Depositing User: Editor UAJY
Date Deposited: 28 Mar 2019 03:11
Last Modified: 28 Mar 2019 03:11
URI: http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/17834

Actions (login required)

View Item View Item